Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jokowi: Tol Pekanbaru-Dumai Tarik Minat Investor

Presiden Jokowi berperan agar pemerintah daerah dan masyarakat sekitar untuk memanfaatkan dengan optimal ruas tol Pekanbaru - Dumai yang baru diresmikan.
Muhammad Khadafi
Muhammad Khadafi - Bisnis.com 25 September 2020  |  15:29 WIB
Presiden Joko Widodo meresmikan tol Pekanbaru - Dumai secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (25/9 - 2020)  -  Youtube Setpres
Presiden Joko Widodo meresmikan tol Pekanbaru - Dumai secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (25/9 - 2020) - Youtube Setpres

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan bahwa ruas tol Pekanbaru - Dumai telah menarik minat investor untuk membuka kawasan industri. Hal ini perlu direspons dengan cepat oleh pemerintah daerah.

“Ini akan membuka lapangan pekerjaan, mengembangkan perumahan juga akan membuka lapangan pekerjaan,” kata Presiden dalam pidato peresmian dari istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (25/9/2020).

Jokowi melanjutkan bahwa munculnya sentra ekonomi akan meningkatkan aktivitas perekonomian wilayah. Dengan demikian pada akhirnya akan mendorong laju pertumbuhan ekonomi di pulau Sumatra.

Presiden pun menitipkan pesan kepada pemerintah daerah dan masyarakat sekitar untuk memanfaatkan dengan optimal ruas tol tersebut.

“Menjadi modal untuk mengembangkan lebih banyak lagi peluang usaha dan sarana untuk meningkatkan pemerataan kesejahteraan masyarakat,” kata Presiden.

Adapun, Jokowi meresmikan Tol Trans Sumatra ruas Pekanbaru - Dumai secara virtual. Jalan bebas hambatan sepanjang 131,5 km dengan biaya Rp12,18 triliun merupakan bagian dari Tol Trans Sumatra sepanjang 2.878 km yang membentang dari lampung hingga aceh sebagai koridor utama.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa pembangunan ruas tol Pekanbaru - Dumai telah dilakukan sejak 2017 dan rampung pada tahun ini. Tol ini terbagi ke dalam 6 seksi dan memiliki 6 buah simpang susun dan 5 buah terowongan gajah.

Seksi pertama adalah Pekanbaru - Minas sepanjang 9,5 kilometer. Kemudian seksi kedua Minas - Kandis Selatan sepanajng 24,1 kilometer.

Selanjutnya seksi ketiga adalah Kandis Selatan - Kandis Utara 16,9 kilometer. Pembangunan dilanjutkan ke Kandis Utara - Duri Selatan 26,25 kilometer, Duri Selatan - Duri Utara 29,4 kilometer, dan seksi terakhir Duri - Dumai 25,44 kilometer.

Jalan tol pertama di provinsi Riau ini juga dilengkapi dengan tujuh gerbang tol dan lima pasang tempat istirahat dan pelayanan (TIP) atau rest area. TIP akan terbagi menjadi dua tipe yakni tipe A yang terletak di KM 14,5, KM 45, dan KM 82, sedangkan tipe B terletak di KM 64 dan KM 13 (arah Pekanbaru).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi infrastruktur jalan tol investor
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top