Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Masih Ada Rute Domestik, Nasib Maskapai Indonesia Bisa Lebih Baik?

Maskapai nasional dinilai memiliki ketahanan kinerja yang lebih panjang karena masih ditopang oleh pergerakan rute-rute domestik.
Lion Air menerapkan kebijakan jaga jarak saat di pesawat saat new normal./istimewa
Lion Air menerapkan kebijakan jaga jarak saat di pesawat saat new normal./istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Nasib maskapai penerbangan nasional dinilai masih lebih baik ketimbang maskapai internasional lainnya karena masih ditopang oleh rute domestik.

Pemerhati penerbangan yang juga anggota ombudsman RI Alvin Lie mengatakan maskapai nasional memiliki ketahanan kinerja yang lebih panjang karena masih ditopang oleh pergerakan rute-rute domestik.

“Saat ini rata-rata yang mengandalkan rute internasional rata-rata sudah tumbang semua. Indonesia masih tertolong rute domestik,” jelasnya, Rabu (16/9/2020).

Selain itu, Alvin juga menilai negara lain yang sudah membuka penerbangan internasionalnya secara bertahap juga masih terbatas dan bukan untuk penerbangan pariwisata. China misalnya sudah membuka penerbangan langsung ke Beijing dan menyusul ke Wuhan pada akhir bulan ini.

Namun, dia merasa dengan kondisi penularan Covid-19 makin tak terkendali dan Jakarta kembali mengetatkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), maskapai nasional akan berpikir ulang untuk membuka rutenya ke Wuhan.

Dia berpendapat hingga kini rasanya belum ada yang mau berwisata ke Indonesia. Selain itu dengan membuka rute internasional juga harus menyiapkan diri menghadapi opini publik yang berpotensi kuat menentang dan bersiap menghadapi konsekuensi dari sisi politik.

Tidak memiliki pasar domestik yang kuat juga menjadi alasan Singapore Airlines melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) kepada 2.400 karyawannya. Jumlah pengurangan tenaga kerja ini sudah ditekan dari rencana sebelumnya sekitar 4.300 karyawan.

CEO Singapore Airlines Choon Phong mengakui dibandingkan dengan kebanyakan maskapai besar lain di dunia, posisinya lebih rentan karena tidak memiliki pasar domestik. Dia menyebutkan seperti  yang diproyeksikan maskapai yang memiliki rute domestik bisa mengalami pemulihan lalu lintas udara yang diharapkan jauh lebih cepat.  

Namun memang jalan menuju pemulihan tersebut masih panjang dan penuh dengan ketidakpastian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper