Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Menkeu Berharap Komisi XI DPR Setujui Pagu Anggaran Rp43,3 Triliun

Pagu anggaran Kemenkeu terdiri atas fungsi pelayanan umum, fungsi ekonomi, dan fungsi pendidikan,
Edi Suwiknyo
Edi Suwiknyo - Bisnis.com 15 September 2020  |  11:53 WIB
Gedung Kementerian Keuangan - kemenkeu.go.id
Gedung Kementerian Keuangan - kemenkeu.go.id

Bisnis.com, JAKARTA — Komisi XI menggelar rapat kerja dengan Kementerian Keuangan untuk membahas pagu anggaran Kemenkeu tahun 2021.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan bahwa pagu anggaran Kemenkeu 2021 sebesar Rp43,3 triliun diharapkan disetujui oleh Komisi XI DPR untuk mendorong program Kemenkeu pada tahun depan.

"Ini pagu anggaran Kemenkeu, yang terdiri dari fungsi pelayanan umum, fungsi ekonomi, dan fungsi pendidikan," kata Sri Mulyani, Selasa (15/9/2020).

Adapun, fungsi pelayanan umum, Kemenkeu mengalokasikan anggaran senilai Rp40,9 triliun. Jumlah ini digunakan untuk program kebijakan fiskal, pengelolaan penerimaan negara, belanja negara, pengelolaan pebendaharaan, kekayaan negara, dan risiko serta program dukungan manajemen.

Sementara itu, untuk fungsi ekonomi pemerintah mengalokasikan anggaran sebesar Rp209,9 miliar. Alokasi anggaran ini untuk mendukung program dukungan manajemen di Lembaga National Single Window, Pusat Investasi Pemerintah, dan Badan Layanan Umum Pengelolaan Dana Lingkungan Hidup.

Selain itu, pemerintah juga mengalokasikan anggaran senilai Rp2,6 triliun untuk fungsi pendidikan terutama dukungan manajemen di Lembaga Pengelola Dana Pendidikan dan PKN STAN.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemenkeu
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top