Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

PSBB Mulai, 83 Mal di Jakarta Pastikan Tetap Buka

Beberapa kategori yang belum diizinkan beroperasi selama PSBB mencakup bioskop dan tempat bermain anak, layanan kebugaran atau fitness, dan yang terkait leisure.
Iim Fathimah Timorria
Iim Fathimah Timorria - Bisnis.com 14 September 2020  |  12:14 WIB
Suasana salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta, Kamis (19/3/2020). Bisnis - Arief Hermawan P
Suasana salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta, Kamis (19/3/2020). Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA -- Pengusaha pengelola mal memastikan 83 mal di DKI Jakarta tetap beroperasi seiring dengan dimulainya pembatasan sosial berskala besar (PSBB) pada hari ini, Senin (14/9/2020) sampai dua pekan ke depan.

Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Perbelanjaan Indonesia (APPBI) Ellen Hidayat mengemukakan operasional ini diikuti dengan berlakunya pembatasan yang lebih ketat. Tak seperti PSBB transisi, restoran di mal tidak diperkenankan melayani dine-in atau makan di tempat. Jam operasional pun dibatasi antara pukul 10.00-21.00 WIB.

“Semua mal tetap buka, ada 83 mal anggota APPBI DKI Jakarta,” kata Ellen kepada Bisnis, Senin (14/9/2020).

Berdasarkan Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 88 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Pergub Nomor 33 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan PSBB dalam Penanganan Covid-19 di Provinsi DKI Jakarta, pusat perbelanjaan tetap diizinkan beroperasi sebagaimana masa transisi dengan kapasitas maksimal sebesar 50 persen dalam waktu bersamaan.

Beberapa kategori yang belum diizinkan beroperasi selama PSBB mencakup bioskop dan tempat bermain anak, layanan kebugaran atau fitness, dan yang terkait leisure.

Ellen mengemukakan bahwa sejak kembali dibuka pada 15 Juni, arus kunjungan ke pusat perbelanjaan baru mencapai 35 sampai 40 persen. Larangan makan di tempat dikhawatirkan kian memengaruhi jumlah kunjungan.

“Namun keputusan yang diambil pihak Pemprov juga sudah maksimal dengan berbagai pertimbangan, di mana selama ini pusat belanja juga selalu dengan taat mengikuti protokol kesehatan yang ditentukan pemprov,” ujar Ellen.

Dengan diperketatnya sejumlah aturan operasional PSBB, dia mengatakan anggota APPBI DKI Jakarta beserta pihak penyewa (tenant) akan lebih ketat menjalankan protokol kesehatan. Ellen juga menyebutkan bahwa pusat perbelanjaan bukanlah klaster penyebaran wabah Covid-19.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mall Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top