Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ikut BP Tapera, MBR Mudah Dapet Akses Perbankan

BP Tapera mendorong masyarakat berpenghasilan rendah untuk dapat memiliki rumah dengan suku bunga terjangkau termasuk juga mendapatkan kemudahan dalam hal akses perbankan.
Yanita Petriella
Yanita Petriella - Bisnis.com 09 September 2020  |  15:38 WIB
Ilustrasi perumahan sederhana Kementerian PUPR/msl.jpg
Ilustrasi perumahan sederhana Kementerian PUPR/msl.jpg

Bisnis.com, JAKARTA – Badan Penyelenggara Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) mendorong masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) untuk dapat memiliki rumah dengan suku bunga terjangkau.

Komisioner BP Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) Adi Setianto mengatakan kriteria MBR yang memiliki penghasilan upah minimum kabupaten/kota sebesar Rp1,7 juta hingga Rp8 juta.

Untuk joint income penghasilan keluarga yakni suami istri maksimum sebesar Rp8 juta dan untuk yang single atau individu maksimum sebesar Rp8 juta untuk dapat pembiayaan MBR.

"Temen-temen yang kerja di ASN golongan 1 atau 2, untuk yang buruh pabrik gaji UMR Rp4 juta hingga Rp5 juta, tentara yang baru join di bawah Akabri. Mereka diharapkan begitu terima kerja mulai menabung lewat perusahaan, kesatuan, lewat lembaga/kementerian. Cukup menabung rutin dan lancar, selama 12 bulan berhak mendapat pembiayaan," paparnya dalam Dialog Kupas Tuntas Program Tapera yang diselenggarakan Bisnis Indonesia pada Rabu (9/9/2020).

Dia menambahkan tak masalah apabila dalam perjalanannya kemudian gaji pekerja tersebut mengalami kenaikan besaran gaji.

Adi mengungkapkan selama ini kalangan MBR sulit untuk mendapatkan akses perbankan dengan sejumlah persyarayan.

Oleh karena itu, lanjutnya, diharapkan dengan bergabung bersama BP Tapera, kalangam MBR akan lebih mudah dalam mengakses lembaga pembiayaan perbakan.

"Kami ambil alih posisi mereka, karena kami punya data jelas, nama, perusahaan, data diri. Jadi syarat-syarat itu yang mungkin perbankan agak ribet memenuhi persyaratan. Kami me-represent mereka, ini penabung BP Tapera loh, sudah lancar tabungannya 12 bulan, tolong dicek mengenai kelayakan kemampuan untuk mengangsur, itu baru ranah bank," tutur Adi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perumahan Tapera
Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top