Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kemenperin Rancang Sentra Bahan Baku TPT di Majalengka

Kementerian Perindustrian merencanakan pengembangan Material Center untuk tekstil dan produk tekstil (TPT) di Majalengka, Jawa Barat. Hal itu sebagai upaya pemenuhan bahan baku yang dibutuhkan industri dalam negeri.
Ipak Ayu H Nurcaya
Ipak Ayu H Nurcaya - Bisnis.com 08 September 2020  |  13:54 WIB
Ilustrasi kegiatan di pabrik tekstil. Material Center di Majalengka disediai lahan idle BUMN.  - Reuters
Ilustrasi kegiatan di pabrik tekstil. Material Center di Majalengka disediai lahan idle BUMN. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Perindustrian merencanakan pengembangan Material Center untuk tekstil dan produk tekstil (TPT) di Majalengka, Jawa Barat. Hal itu sebagai upaya pemenuhan bahan baku yang dibutuhkan industri dalam negeri.

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih mengatakan Material Center juga ditujukan untuk subtitusi impor. Pengembanganya akan melibatkan industri.

"Material Center ini program pemenuhan bahan baku dalam negeri. Di industri TPT nanti kami gabungkan industri serat dan benang, lalu IKM yang akan menenun," katanya dalam webinar bertajuk Prospek Pemulihan Ekonomi Sektor Industri Kecil Menengah, Selasa (8/9/2020).

Gati mengemukakan lahan yang disiapkan untuk Material Center di Majalengka yakni dari tanah idle BUMN. Dengan demikian, tidak hanya industri hulu yang menerima manfaat tetapi juga menumbuhkan IKM.

Menurut Gati, kondisi IKM TPT di Majalengka memang cukup memprihatinkan. Dahulu, ada sekitar 200 IKM di sana yang kini hanya tersisa 50 unit. Untuk itu, jika industri ini kembalu digeliatkan maka targetnya akan menekan impor hingga 30 persen.

Sisi lain, Gati menambahkan IKM saat ini juga didorong untuk beradaptasi dengan kondisi pandemi saat ini, yaitu tetap berproduksi dengan menjalankan protokol kesehatan. Meski tidak mudah, pemerintah akan terus mendorong dan membantu para IKM agar tetap dapat berproduksi.

Salah satunya melalui gerakan #SemuanyaAdaDisini, yaitu program untuk mendukung kampanye penggunaan produk lokal besutan Presiden Joko Widodo bernama Bangga Buatan Indonesia yang kini telah melibatkan 1,6 juta IKM di dalamnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bahan baku Industri Tekstil
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top