Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kaum Milenial Dominasi Realisasi KPR BTN

Bank BTN mengungkapkan bahwa kaum milenial berusia kurang dari 35 tahun mendominasi KPR yang disalurkan oleh bank pelat merah tersebut.
Ilustrasi rumah subsidi./Bisnis/Dedi Gunawan
Ilustrasi rumah subsidi./Bisnis/Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA – Kaum milenial dengan usia di bawah 35 tahun mendominasi realisasi penyaluran rumah bersubsidi yang KPR-nya dibiayai oleh Bank Tabungan Negara (BTN).

"Sejak 2012 sampai dengan sekarang KPR dislurkan untuk 120.000 unit, sebagian besar didominasi segmen milenial berusia di bawah 35 tahun," ujar Sharia Business Division Head Unit Usaha Syariah (UUS) Bank BTN Alex Sofjan Noor dalam seminar daring di Jakarta pada Jumat (28/8/2020).

Menurut dia, dalam periode 2012 sampai dengan Juni 2020, sekitar 75 persen dari total realisasi UUS BTN berasal dari generasi milenial sebesar 92.747 unit. "Segmen portofolio milenial 75 persen dari total portofolio BTN.”

Dengan demikian, lanjutnya, ini suatu harapan besar bagaimana mengubah pola pikir generasi milenial yang cenderung lebih mengutamakan gaya hidup.

Alex menambahkan bahwa dalam kondisi pandemi Covid-19, penyaluran dana Fasilitas Lukuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) masih tumbuh sekitar 7 persen. Bahkan untuk penyaluran KPR rumah nonsubsidi tumbuh 12 persen pada masa Covid-19.

"Jadi, perumahan cukup kuat di market. Rumah dianggap sebagai kebutuhan pokok oleh masyarakat khususnya milenial," ujarnya.

Alex menyampaikan bahwa generasi milenial memiliki preferensi tersendiri dalam berbagai hal termasuk dalam memiliki tempat tinggal.

Mereka menginginkan lokasi rumah yang dekat dengan kantor, cenderung menyukai kawasan yang menjanjikan untuk berinvestasi properti, dan angsuran kredit rumah yang fleksibel.

Milenial juga menginginkan KPR dengan tenor yang panjang, dan proses pembiayaan yang cepat dan ringkas saat ingin memiliki hunian pribadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper