Nuansa Khidmat Iringi Peringatan 17-an di Bandara I Gusti Ngurah Rai

Tidak hanya penumpang, jajaran Manajemen PT Angkasa Pura I (Persero), petugas, serta seluruh pengguna jasa bandar udara yang tengah berada di dalam gedung terminal turut mengikuti rangkaian seremoni tersebut dengan khidmat.
Foto: Dok. Angkasa Pura I
Foto: Dok. Angkasa Pura I

Bisnis.com, MANGUPURA – Manajemen PT Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai – Bali menggelar peringatan HUT ke-75 kemerdekaan Republik Indonesia. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang selalu diperingati dengan meriah melalui kegiatan thematic event, peringatan kali ini digelar dengan nuansa khidmat.

Jelang detik proklamasi, seluruh penumpang di Terminal Keberangkatan Domestik berdiri tegak untuk mendengarkan pembacaan teks proklamasi, serta untuk menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Tidak hanya penumpang, jajaran Manajemen PT Angkasa Pura I (Persero), petugas, serta seluruh pengguna jasa bandar udara yang tengah berada di dalam gedung terminal turut mengikuti rangkaian seremoni tersebut dengan khidmat.

Nuansa Khidmat Iringi Peringatan 17-an di Bandara I Gusti Ngurah Rai

Hal tersebut disampaikan oleh PTS General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Rahmat Adil Indrawan. “Secara official tidak melakukan upacara, tapi dengan mengumandangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya di terminal domestik, yang mana seluruh penumpang, petugas, maupun pelayan yang ada di area komersial berdiri dan bersama-sama menyanyikan lagu kebangsaan,” tutur Rahmat Adil sesaat setelah rangkaian seremoni selesai pada Senin (17/08) siang.

Dalam seremoni tersebut, para penumpang yang tengah menunggu waktu keberangkatan dibagikan masker dengan tema merah putih. Para personel yang bertugas juga turut mengingatkan para penumpang untuk tetap menjaga penerapan physical distancing dan protokol kesehatan selama rangkaian seremoni.

Rahmat Adil turut menyampaikan kabar menggembirakan dalam wujud pertumbuhan penumpang rute domestik yang terlayani selama periode libur akhir pekan ini (14-16 Agustus 2020), dibandingkan dengan periode libur Hari Raya Idul Adha (31 Juli-2 Agustus 2020). “Sejak tanggal 14 Agustus 2020, kita sudah mengalami peningkatan penumpang yang lumayan, kurang lebih 1.000 hingga 1.500 penumpang per hari, yang mana berkebetulan dengan libur panjang 17 Agustus," tambahnya.

Pada periode libur Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada tanggal 31 Juli hingga 2 Agustus 2020 silam, tercatat sejumlah 6.394 penumpang rute domestik memasuki Bali via pesawat udara, atau terdapat 2.131 rataan penumpang yang tiba selama 3 hari tersebut. Sementara pada periode libur akhir pekan tanggal 14-16 Agustus 2020, tercatat sebanyak 11.181 penumpang tiba di Bali melalui penerbangan rute domestik, di mana rata-rata per harinya sebanyak 3.727 penumpang terlayani di Terminal Kedatangan Domestik. Jika dibandingkan, terdapat pertumbuhan sebesar 75%, serta terdapat pertumbuhan rata-rata harian sebanyak 1.596 penumpang dalam perbandingan kedua periode libur akhir pekan tersebut.

Dalam rangkaian peringatan HUT ke-75 kemerdekaan Republik Indonesia di bandar udara, manajemen PT Angkasa Pura I (Persero) selaku pengelola bandar udara turut menggelar kegiatan ARFF Challenge. Dalam kegiatan ini, unit Airport Rescue and Fire Fighting (ARFF) menggelar serangkaian lomba ketangkasan personel yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas personel serta kerja sama tim.

“Tujuannya untuk melatih para personel Pemadam Kebakaran Bandar Udara, supaya bisa dengan lincah, cepat, dan responsif melakukan evakuasi maupun pemadaman jika terjadi kecelakaan. Dengan melakukan hal ini, kita senantiasa terus menerus memperbaiki performa para fire fighters kita,” lanjut Rahmat Adil.

Rahmat Adil menutup dengan harapan terkait peningkatan kembali pariwisata di Bali. “Mudah-mudahan, dengan (momentum libur panjang akhir pekan) ini menjadi momen di mana penumpang domestik kembali traveling, dan kembali meningkatkan perekonomian dan pariwisata di Pulau Bali yang kita cintai ini,” pungkasnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper