Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Uang Baru Pecahan Rp75.000 Dirilis, Ini Ciri-Ciri Fisiknya

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani menggelar peresmian uang baru pecahan Rp75.000 secara virtual melalui akun Youtube Bank Indonesia.
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 17 Agustus 2020  |  12:22 WIB
Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI - Istimewa
Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Bank Indonesia menerbitkan uang peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia hari ini, Senin (17/8/2020).

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani menggelar peresmian uang baru pecahan Rp75.000 secara virtual melalui akun Youtube Bank Indonesia.

Berdasarkan siaran pers Bank Indonesia, Uang Peringatan (Commemorative Money) adalah Uang Rupiah yang dikeluarkan secara khusus untuk tujuan tertentu atau untuk memperingati suatu peristiwa yang berskala nasional atau internasional, misalnya Peringatan HUT kemerdekaan, HUT peristiwa sejarah nasional, atau pelaksanaan kegiatan olahraga berskala internasional yang diselenggarakan di Indonesia.

Lalu, bagaimana cara mengenali ciri-ciri Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI Ini?

Terdapat cici-cici fisik yang terlihat pada kedua sisi uang kertas ini. Pada bagian depan terdapat gambar utama Pahlawan Nasional Dr. (H.C.) Ir. Soekarno dan Dr. (H.C.) Drs. Mohammad Hatta.

Selain itu, terdapat gambar bunga Anggrek Bulan yang di dalamnya berisi logo Bank Indonesia yang akan berubah warna dan memiliki efek gerak dinamis apabila dilihat dari sudut pandang berbed.

Sementara itu, hasil cetak akan terasa kasar apabila diraba pada bagian gambar utama pahlawan, serta pada tulisan nominal tujuh puluh lima ribu rupiah.

Adapun, terdapat hasil cetak yang memendar dalam satu atau beberapa warna apabila dilihat dengan sinar ultraviolet, yaitu gambar pengibaran bendera pada peristiwa Proklamasi 17 Agustus 1945, gambar motif songket yang berasal dari daerah Sumatera Selatan, dan gambar jembatan Youtefa Papua.

Di bagian belakang, terdapat gambar anak Indonesia menggunakan pakaian adat daerah, nomor seri yang meliputi tiga huruf dan enam angka, serta hasil cetak yang terasa kasar apabila diraba pada bagian anak indonesia, peta indonesia dalam bola dunia.

Seperti halnya uang kertas pada umumnya, terdapa tulisan “DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA, NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA MENGELUARKAN RUPIAH SEBAGAI ALAT PEMBAYARAN YANG SAH DENGAN NILAI TUJUH PULUH LIMA RIBU RUPIAH”

Pada bagian belakang juga terdapat hasil cetak yang memendar dalam satu atau beberapa warna apabila dilihat dengan sinar ultraviolet, di antaranya gambar motif tenun Gringsing yang berasal dari Bali, angka “75000”, angka “75”, bidang persegi empat yang berisi tulisan “NKRI”, serta nomor seri uang.

Di kedua sisinya juga terdapat tanda air berupa gambar Ir. Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta serta electrotype berupa angka “75” yang dapat diterawang dan gambar saling isi (rectoverso) dari logo Bank Indonesia yang dapat dilihat secara utuh apabila diterawangkan ke arah cahaya.

Agar Bank Indonesia menyediakan telah menyediakan media komunikasi dan edukasi kepada masyarakat melalui poster serta informasi yang dapat diunduh melalui website Bank Indonesia atau melalui tautan https://pintar.bi.go.id.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

HUT RI
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top