Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jaga Pasok Gas Industri, Proyek Kompresor Gas SKG-19 On-Stream!

Proyek Kompresor Gas SKG-19 Musi yang berada di wilayah kerja Pertamina EP Asset 2 Pendopo Field masuk tahap on stream.
Pekerja PT Pertamina EP melakukan monitoring terhadap Bioreactor Tank di Fasilitas Produksi Gas. /BISNIS
Pekerja PT Pertamina EP melakukan monitoring terhadap Bioreactor Tank di Fasilitas Produksi Gas. /BISNIS

Bisnis.com, JAKARTA--Proyek Kompresor Gas SKG-19 Musi yang berada di wilayah kerja Pertamina EP Asset 2 Pendopo Field masuk tahap on stream.  

Proyek Kompresor Gas SKG-19 yang berada di Desa Bangun Rejo, Kecamatan Sukakarya, Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan merupakan tahapan dari pengembangan Lapangan Musi, yaitu pemasangan kompresor tekanan rendah untuk mengoptimalkan produksi gas dari sumur-sumur di Lapangan Musi.

Deputi Operasi SKK Migas Julius Wiratno mengatakan proyek ini sangat penting untuk menjaga suplai gas bagi pelaku industri Sumatra dan Jawa Barat.

“Dengan on stream-nya proyek Kompresor SKG-19 maka suplai gas bagi industri sebesar 150 juta kaki kubik per hari (MMscfd) dapat kami pertahankan,” ujarnya melalui keterangan tertulisnya, Kamis (13/8/2020).

Julius juga menyatakan penyelesaian proyek dengan investasi senilai US$17,3 juta ini berhasil selesai 15 hari lebih awal dari target yang ditetapkan.

“Terdapat kendala akibat pandemi Covid-19 pada kuartal II 2020 lalu, yaitu adanya beberapa suplai peralatan yang terhambat. Namun dengan berbagai upaya yang dilakukan SKK Migas dan Pertamina EP, kemajuan proyek membuahkan hasil positif sehingga dapat on stream pada hari ini”, kata Julius.

Chief Executive Officer PT Pertamina Hulu Energi Budiman Parhusip menyampaikan, proyek Kompresor Gas SKG-19 yang diselesaikan merupakan komitmen Pertamina EP dalam mempertahankan produksi migas dan tentunya berkontribusi pada produksi migas Pertamina secara keseluruhan.

Direktur Utama PT Pertamina EP Eko Agus Sardjono mengungkapkan keberhasilan penyelesaian proyek yang lebih cepat dari target dengan zero accident ini merupakan kerja keras dan kolaborasi yang baik dari berbagai pihak.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih pada seluruh pihak yang terlibat, yakni masyarakat dan pemerintah daerah setempat, SKK Migas, Pertamina EP, serta pelaksana pekerjaan PT Indo Turbine,” kata Eko.

Proyek yang dilaksanakan oleh PT Indo Turbine ini meliputi pemasangan 4 kompresor tipe LP, 4 unit LP Suction Scrubber, 4 unit Inster Stage Gas Cooler, Close Drain System, dan Dry Gas Seal Heater System.

Pemasangan kompresor gas SKG-19 akan mengoptimalkan lifting gas dari lapangan musi sebagai penyumbang utama produksi gas di Sumatra Selatan. Dengan manajemen proyek yang baik, maka proyek ini dapat terselesaikan dengan zero accident, dan jam kerja selamat sebanyak 356.205 jam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper