Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

H+1 Iduladha, Arus Balik ke Jakarta Sekitar 134.000 Kendaraan

PT Jasa Marga (Persero) Tbk. mengemukakan total volume lalin yang menuju Jakarta ini naik 14,6 persen dibandingkan dengan kondisi normal.
Jasa Marga mengantidipasi arus balik Iduladha./Istimewa/Jasa Marga
Jasa Marga mengantidipasi arus balik Iduladha./Istimewa/Jasa Marga

Bisnis.com, JAKARTA – PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat 134.136 kendaraan menuju Jakarta pada Sabtu (1/8/2020) yang merupakan arus balik H+1 Iduladha.

Angka tersebut merupakan kumulatif arus lalu lintas (lalin) yang menuju Jakarta dari beberapa Gerbang Tol (GT) barrier/utama, yaitu GT Cikupa (arah Barat), GT Ciawi (arah Selatan), dan GT Cikampek Utama serta GT Kalihurip Utama (arah Timur).

Dwimawan Heru, Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk., mengemukakan total volume lalin yang menuju Jakarta ini naik 14,6 persen dibandingkan dengan kondisi normal.

Dia memerinci melalui keterangan tertulis pada Minggu (2/8/2020) bahwa distribusi lalin dari arah timur menuju Jakarta di GT Cikampek Utama 2 berjumlah 33.539 kendaraan, naik 21,6 persen, sedangkan GT Kalihurip Utama 2 berjumlah 31.939 kendaraan, naik 19,9 persen dari kondisi normal.

Total kendaraan menuju Jakarta dari arah timur sebanyak 65.478 kendaraan, naik 20,7 persen dari lalin kondisi normal.

Lalin menuju Jakarta dari arah barat sebanyak 35.893 kendaraan, naik 0,4 persen dari kondisi normal. Sementara itu, jumlah kendaraan yang menuju Jakarta dari arah selatan/lokal sebanyak 32.765 kendaraan, naik 21 persen dibandingkan dengan kondisi normal.

Dwimawan juga mengimbau kepada pengguna jalan tol agar dapat mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol.

Pastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, mematuhi protokol kesehatan (menggunakan masker, cuci tangan, dan jaga jarak) saat berada di rest area, mengisi saldo uang elektronik yang cukup, mengisi BBM, mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas, beristirahat di rest area jika lelah berkendara, serta menggunakan rest area berikutnya bila rest area yang dituju padat.

Jasa Marga juga mengimbau pengguna jalan dapat mengatur waktu perjalanan kembali ke Jakarta. Salah satunya dengan menghindari waktu puncak arus balik yang diprediksi terjadi pada Minggu (2/8/2020) agar terhindar dari kepadatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper