Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jamin Logistik Darat Tetap Berjalan, Ini Upaya Kemenhub

Kemenhub berpaya memastikan agar kegiatan logistik darat tetap berjalan lancar, salah satunya meminta keringanan pajak dari Kementerian Keuangan.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 29 Juli 2020  |  18:12 WIB
Ilustrasi pekerja mengangkut barang pesanan konsumen di salah satu warehouse situs belanja darng di Jawa Barat, Selasa (12/11/2019). - ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha
Ilustrasi pekerja mengangkut barang pesanan konsumen di salah satu warehouse situs belanja darng di Jawa Barat, Selasa (12/11/2019). - ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sudah berupaya membantu angkutan logistik tetap bertahan di tengah pandemi virus Covid-19 diantaranya dengan mengadvokasikan penangguhan pembayaran pajak ke K/L terkait.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan aktivitas angkutan barang via darat memang cukup terpukul akibat penurunan sektor manufaktur yang sempat berhenti beroperasi akibat pandemi Covid-19.

Dia bercerita walaupun logistik darat yang berkaitan dengan manufaktur mengalami penurunan tetapi logistik sektor jasa kurir tetap tumbuh karena aktivitas e-commerce meningkat tajam sebagai akibat kecenderungan orang belanja daring pada masa pandemi.

"Kami sudah tanya beberapa operator ada yang minta ada relaksasi ada yang tidak, bergantung keuangannya mereka, kalau tidak butuh jadinya tidak ditangguhkan [pembayaran pajak atau pun kreditnya]," jelasnya kepada Bisnis.com, Rabu (29/7/2020).

Dia menegaskan Kemenhub telah membantu meminta keringanan pajak kepada Kementerian Keuangan, hasilnya, sejumlah beban pajak bagi operator transportasi ditangguhkan sementara seperti Pajak Penghasilan (PPh) pasal 21, 22, 23 dan 25.

Selain itu, ada permintaan penundaan pembayaran BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan bagi karyawannya yang juga dicoba diakomodir oleh Kemenhub.

"Ada lagi bantuan langsung ke para driver-nya kami sudah sampaikan semua hitung-hitungan sudah dikasih. Itu masuk ke bansos dari Kemensos informasinya," paparnya.

Sementara, Staf Ahli Menteri Bidang Logistik, Multimoda dan Keselamatan Perhubungan Kemenhub Cris Kuntadi mengatakan pemerintah juga memastikan aktivitas logistik darat, laut dan udara tetap berjalan lancar.

"Untuk logistik darat yang kami lakukan seperti kemarin pada saat menjelang Lebaran Mei 2020, kami dukung logistik tetap berjalan, karena biasanya ada pembatasan untuk sumbu tiga ke atas, kemarin tidak ada," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kemenhub logistik
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top