Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

IJB-Net Kembangkan Kelapa di Sulut untuk Dijadikan Biofuel

Di Kota Tomohon, IJB-Net akan hadirkan satu kampung Jepang.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 23 Juli 2020  |  08:59 WIB
Ilustrasi pompa bahan bakar biofuel. - Istimewa
Ilustrasi pompa bahan bakar biofuel. - Istimewa

Bisnis.com, MANADO — Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara menggandeng Indonesia Japan Business Network mengembangkan komoditas kelapa menjadi biofuel untuk bahan bakar.

“Lokasi tahap awal akan dilaksanakan di Bitung untuk pembuatan biofuel, tim IJB-Net bersama dinas perkebunan dan akademisi sudah melakukan survei. Mereka akan mencari lahan seluas 10 hektare,” ujar Gubernur Olly Dondokambey, Rabu (23/7/2020).

Menurutnya, tak hanya pengembangan kelapa untuk dijadikan biofuel, IJB-Net juga akan melihat semua potensi yang di kabupaten/kota di Sulut.

"Misalnya, Kabupaten Bolaang Mongondow Raya, mereka akan melihat potensi yang ada di sana. Selanjutnya Kabupaten Minahasa Tenggara, potensi apa yang akan dikembangkan sehingga bisa mendatangkan investor," katanya.

Di Kota Tomohon, IJB-Net akan hadirkan satu kampung Jepang.

"Jadi, mulai dari rumah, makanan, hingga orang-orang akan berbicara bahasa Jepang, jadi betul-betul kampung Jepang. Pemprov sangat terbantu dengan kehadiran IJB-Net karena mampu memfasilitasi datangnya investor di Sulut,” kata Olly.

IJB-Net adalah diaspora Indonesia di Jepang, sahabat-sahabat Jepang pencinta Indonesia, dan juga insan Indonesia lainnya yang berpartisipasi membantu ekspor dan pengembangan produk-produk Indonesia masuk ke pasar Jepang.

Selain itu, IJB-Net mengadopsi teknologi dan impor produk Jepang yang belum ada di Indonesia, serta membantu kolaborasi antarperusahaan kedua negara.

"Tentu IJB-NET siap bersinergi dengan pemerintah Sulut dalam segala bidang,” kata Olly.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

biofuel kelapa sulut

Sumber : Antara

Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top