Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

CEK FAKTA: Ada Covid-19, Kantor Ditjen Perhubungan Darat Ditutup

Juru Bicara Menteri Perhubungan Adita Irawati menjelaskan soal kabar Gedung Graha Lestari, kantor sementara Ditjen Perhubungan Darat, yang ditutup akibat Covid-19.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 22 Juli 2020  |  17:12 WIB
Gedung Kementerian Perhubungan. - Dok. Istimewa
Gedung Kementerian Perhubungan. - Dok. Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberikan klarifikasi mengenai beredarnya kabar mengenai penutupan Gedung Graha Lestari, Gambir, Kota Jakarta Pusat, yang menjadi kantor sementara Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) akibat adanya karyawan yang positif Covid-19.

Juru Bicara Menteri Perhubungan Adita Irawati membenarkan adanya karyawan Kemenhub yang positif terjangkit virus Corona sehingga dilakukan penutupan gedung tersebut. Namun, tidak seluruh gedung ditutup melainkan hanya lantai karyawan tersebut bekerja.

"Intinya Kantor Kementerian Perhubungan tidak ditutup, dan memang ada karyawan yang positif [Covid-19] dan sudah ditangani. Adapun bagian gedung yang ditutup hanya lantai tempat karyawan tersebut bekerja," jelasnya kepada Bisnis.com, Rabu (22/7/2020).

Sebelum kejadian tersebut, aktivitas di gedung perkantoran sementara Ditjen Hubdat tersebut masih menerapkan sistem kerja dari rumah (WFH) dan kerja dari kantor (WFO) secara parsial. Artinya, setiap harinya 50 persen karyawan melakukan pekerjaan dari kantor dan sisanya di rumah.

Namun, setelah adanya karyawan yang positif Covid-19 seluruh pegawai pun kembali diberlakukan sistem work from home (WFH) selama sepekan dari Senin, 20 Juli 2020 hingga Jumat, 24 Juli 2020. Dalam jeda waktu tersebut, dilakukan penyemprotan desinfektan dan sterilisasi gedung.

Sementara itu, Kemenhub memastikan aktivitas administrasi terutama di Direktorat Darat tersebut tetap berjalan sebagaimana mestinya walaupun seluruh karyawannya melakukan kegiatan dari rumah.

Adapun, kegiatan-kegiatan yang sifatnya harus melalui pertemuan fisik tetap dilakukan di Gedung Kantor Kemenhub lainnya agar kegiatan pelayanan masyarakat dan aktivitas perkantoran tetap dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kemenhub Virus Corona
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top