Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

CEK FAKTA: Ada Covid-19, Kantor Ditjen Perhubungan Darat Ditutup

Juru Bicara Menteri Perhubungan Adita Irawati menjelaskan soal kabar Gedung Graha Lestari, kantor sementara Ditjen Perhubungan Darat, yang ditutup akibat Covid-19.
Gedung Kementerian Perhubungan./Dok. Istimewa
Gedung Kementerian Perhubungan./Dok. Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberikan klarifikasi mengenai beredarnya kabar mengenai penutupan Gedung Graha Lestari, Gambir, Kota Jakarta Pusat, yang menjadi kantor sementara Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) akibat adanya karyawan yang positif Covid-19.

Juru Bicara Menteri Perhubungan Adita Irawati membenarkan adanya karyawan Kemenhub yang positif terjangkit virus Corona sehingga dilakukan penutupan gedung tersebut. Namun, tidak seluruh gedung ditutup melainkan hanya lantai karyawan tersebut bekerja.

"Intinya Kantor Kementerian Perhubungan tidak ditutup, dan memang ada karyawan yang positif [Covid-19] dan sudah ditangani. Adapun bagian gedung yang ditutup hanya lantai tempat karyawan tersebut bekerja," jelasnya kepada Bisnis.com, Rabu (22/7/2020).

Sebelum kejadian tersebut, aktivitas di gedung perkantoran sementara Ditjen Hubdat tersebut masih menerapkan sistem kerja dari rumah (WFH) dan kerja dari kantor (WFO) secara parsial. Artinya, setiap harinya 50 persen karyawan melakukan pekerjaan dari kantor dan sisanya di rumah.

Namun, setelah adanya karyawan yang positif Covid-19 seluruh pegawai pun kembali diberlakukan sistem work from home (WFH) selama sepekan dari Senin, 20 Juli 2020 hingga Jumat, 24 Juli 2020. Dalam jeda waktu tersebut, dilakukan penyemprotan desinfektan dan sterilisasi gedung.

Sementara itu, Kemenhub memastikan aktivitas administrasi terutama di Direktorat Darat tersebut tetap berjalan sebagaimana mestinya walaupun seluruh karyawannya melakukan kegiatan dari rumah.

Adapun, kegiatan-kegiatan yang sifatnya harus melalui pertemuan fisik tetap dilakukan di Gedung Kantor Kemenhub lainnya agar kegiatan pelayanan masyarakat dan aktivitas perkantoran tetap dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper