Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gojek Salurkan Kredit UMKM, Ini Cara agar Bisa Dapat Pinjaman!

Gojek Indonesia memaparkan proses dan tahapan yang akan dilalui mitranya saat mengajukan pengajuan kredit UMKM.
Sejumlah pengemudi ojek daring menunggu penumpang di Jakarta, Rabu (12/2/2020). Bisnis/Arief Hermawan P
Sejumlah pengemudi ojek daring menunggu penumpang di Jakarta, Rabu (12/2/2020). Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - Gojek Indonesia menyebut skema penyaluran kredit UMKM yang dilaksanakannya berupa seleksi awal dan keputusan pemberian kredit dikembalikan kepada perbankan BUMN yang menjadi penyalur utama, dalam hal ini Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Head of Corporate Communications Gojek Indonesia Audrey Petriny mengatakan proses pengajuan pinjaman bunga ringan akan melalui analisa serta persetujuan akhir dari pihak Bank BRI.

"Dalam hal ini, Gojek membantu proses seleksi awal melalui pre-screening calon debitur menggunakan beberapa kriteria dasar, kemudian calon debitur yang lolos tahap ini akan diajukan ke Bank BRI untuk proses assessment dan analisa kredit sesuai prosedur," jelasnya kepada Bisnis.com, Selasa (21/7/2020).

Lebih lanjut, ketika mitra Gojek terpilih sebagai debitur, maka Bank BRI akan melanjutkan proses penyaluran pinjaman langsung ke debitur yang bersangkutan tanpa melalui Gojek. Dengan demikian, pertanggungjawaban kredit terjadi antara mitra langsung dengan perbankan.

Gojek dan Bank BRI telah mengumumkan bahwa program pinjaman bunga ringan memasuki masa tahap awal. Pada tahap ini Bank BRI telah menawarkan fasilitas pinjaman tersebut ke sejumlah mitra GoRide dan GoCar yang berdomisili di area Jabodetabek dan telah melalui pre-screening terlebih dahulu.

Adapun, lanjutnya, untuk mitra usaha GoFood yang memenuhi persyaratan perbankan yang ditetapkan Bank BRI, Bank akan menawarkan bantuan pinjaman sampai dengan Rp20 juta, dengan tenor selama 24 bulan, dengan keringanan biaya pembayaran pada 3 bulan pertama.

Sementara, untuk mitra driver GoRide dan GoCar, fasilitas pinjaman yang ditawarkan adalah Rp 5 juta dengan tenor pinjaman selama 24 bulan dimana mitra driver akan mendapatkan keringanan bebas bayar selama 3 bulan pertama.

Adapun sebagai mitra dalam program DigiKu, Gojek juga akan menyediakan informasi bagi Himbara dan pemerintah untuk mendukung penyaluran kredit yang tepat bagi UMKM. Ini mengingat salah satu tantangan yang dihadapi dalam penyaluran kredit pada UMKM adalah keterbatasan data transaksional dan kesehatan usaha mereka serta aset untuk dijaminkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper