Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

KAI Masih Tunggu Pemprov DKI Soal Relaksasi SIKM

KAI masih menunggu respons Pemprov DKI Jakarta terkait dengan relaksasi SIKM untuk meningkatkan animo penumpang kereta api.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 09 Juli 2020  |  17:04 WIB
Suasana sepi terlihat di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Jumat (24/4/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Suasana sepi terlihat di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Jumat (24/4/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Penumpang KA Argo Parahyangan relasi ke Bandung yang mulai beroperasional besok Jumat (9/7/2020) masih memerlukan surat izin keluar masuk (SIKM) sebagai syarat perjalanan karena hingga kini belum ada respons dari pemerintah provinsi DKI Jakarta.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan usulan relaksasi peniadaan SIKM telah diajukan dengan tahap awal untuk relasi Bandung – Jakarta.

“Sampai saat ini kami masih tunggu informasi dari Pemprov DKI, jadi untuk saat ini penumpang masih butuh untuk menunjukkan SIKM,” jelasnya, Kamis (9/7/2020).

Senada Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo menjelaskan pada Jumat (10/7/2020) akan mulai mengoperasikan KA Argo Parahyangan Jakarta - Bandung dengan meminta kepada Gubernur DKI Jakarta agar dapat memberikan kemudahan dokumen SIKM.

Permintaan relaksasi tersebut didasari dengan membandingkan angkutan darat berupa mobil yang dapat secara bebas melenggang keluar-masuk tanpa memerlukan SIKM. Sementara itu bagi penumpang KAI terdapat petugas dari pemprov DKI yang siap siaga di stasiun keberangkatan dan tujuan untuk memeriksa SIKM.

“Itulah yang menyulitkan angkutan kami penumpang jadi nggak tertarik naik,” terangnya.

Sebelumnya, Didiek juga menyebutkan permintaan ini berasal dari Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang memintanya menjalankan KA Argo Parahyangan Jakarta-Bandung. Pihaknya menindaklanjuti dengan mengirimkan permohonan keringanan kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Sebagai informasi mulai 10 Juli 2020, KAI akan mengaktifkan kembali tiga KA relasi jarak jauh dengan tujuan dari dan menuju DKI Jakarta. Adapun tiga KA tersebut adalah KA Argo Parahyangan (Gambir-Bandung pp), Bima(Gambir-Malang pp), dan Sembrani (Gambir-Surabaya PasarTuri pp).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pt kai Pemprov DKI
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top