Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BI Perkirakan Inflasi Juli Sebesar 0,04 Persen

Inflasi Juli diperkirakan akan lebih rendah dari bulan sebelumnya atau sebesar 0,04 persen mtm.
Karyawan keluar dari pintu salah satu gedung Bank Indonesia di Jakarta, Senin, (20/1/2020).  Bisnis/Abdullah Azzam
Karyawan keluar dari pintu salah satu gedung Bank Indonesia di Jakarta, Senin, (20/1/2020). Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - Bank Indonesia memprediksi inflasi pada Juli 2020 akan sebesar 0,04 persen month-to-month (mtm), yang didasarkan pada survei pemantauan harga pada minggu pertama bulan ini.

Inflasi Juli diperkirakan akan lebih rendah dari bulan sebelumnya. Secara tahun kalender, inflasi Juli 2020 diproyeksi sebesar 1,13 persen year-to-date (ytd), sementara secara tahunan sebesar 1,69 persen year-on-year (yoy).

Kepala Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko mengatakan penyumbang utama inflasi pada periode tersebut yaitu berasal dari komoditas telur ayam ras sebesar 0,06 persen (mtm), daging ayam ras sebesar 0,03 persen (mtm), emas perhiasan sebesar 0,02 persen (mtm), dan rokok kretek filter sebesar 0,01 persen (mtm).

"Sementara, komoditas utama yang menyumbang deflasi yaitu bawang merah sebesar -0,06 persen (mtm), bawang putih dan jeruk masing-masing sebesar -0,02 persen (mtm), serta cabai merah, minyak goreng, cabai rawit, gula pasir dan angkutan udara masing-masing sebesar -0,01 persen (mtm)," katanya dalam siaran pers, Jumat (3/7/2020).

Onny mengatakan, Bank Indonesia akan terus memperkuat koordinasi dengan Pemerintah dan otoritas terkait untuk memonitor secara cermat dinamika penyebaran Covid-19 dan dampaknya terhadap perekonomian Indonesia dari waktu ke waktu.

BI juga akan terus mengkoordinasikan kebijakan lanjutan yang perlu ditempuh untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan, serta menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap baik dan berdaya tahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Maria Elena
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper