Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Paket Bundling Prakerja Disetop, Ini Komentar Ruangguru

Ruangguru menegaskan akan mematuhi peraturan PMO terkait dengan penghentian paket bundling pelatihan. Saat ini, kelas bundling di Skill Academy sudah tidak dapat diakses melalui metode pembayaran Kartu Prakerja.
Warga mencari informasi tentang pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang kedua di Jakarta, Senin (20/4/2020). /ANTARA
Warga mencari informasi tentang pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang kedua di Jakarta, Senin (20/4/2020). /ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA - Terkait dengan penghentian paket bundling dalam program pelatihan prakerja, salah satu penyedia pelatihan Ruang Guru angkat bicara.

Co-Founder dan Chief Product & Partnership Officer Ruangguru Iman Usman mengatakan seluruh materi pelatihan paket atau bundling yang ditawarkan di platform Skill Academy sampai saat ini sudah melalui kurasi, proses verifikasi, dan persetujuan dari PMO.

Paket atau bundling serupa juga, menurut dia, ditawarkan oleh mitra prakerja lain. Kendati demikian, dia menegaskan Ruang Guru selalu siap mengikuti aturan.

"Kami selalu siap mengikuti peraturan dari PMO, termasuk perubahan terbaru yang diberlakukan melalui surat edaran pada tanggal 30 Juni 2020," ujar Iman, Kamis (7/3/2020).

Imran menuturkan kelas bundling disediakan bagi para pengguna untuk mempermudah proses pemilihan pelatihan online. Dari rangkaian survei yang perseroan lakukan dengan pengguna, banyak yang mengaku bingung memilih kelas yang sesuai.

"Oleh karena itu kami menyatukan kelas-kelas dengan tema serupa, untuk menunjang sebuah skill atau keterampilan, dengan total harga yang lebih terjangkau," tutur Iman.

Meski begitu, Iman mengaku mengapresiasi upaya Manajemen Pelaksana (PMO) Program Kartu Prakerja dalam menjalankan fungsinya agar Program Kartu Prakerja berjalan efektif bagi peserta Kartu Prakerja.

Saat ini, kelas bundling di Skill Academy sudah tidak dapat diakses melalui metode pembayaran Kartu Prakerja. Namun, layanan itu masih tetap tersedia bagi para pengguna platform tersebut dengan metode pembayaran lainnya seperti bank transfer, ATM, kartu kredit, e-money, dan lainnya.

"Kami melihat bahwa kelas bundling membantu pengguna memilih kelas-kelas sesuai minat, komprehensif, dan berkesinambungan," ujar Iman.

Dia juga mengatakan bahwa selama ini Skill Academy mempunyai sistem untuk selalu memantau, mengikuti data perkembangan penyelesaian pelatihan peserta Kartu Prakerja di seluruh kelas bundling, dan memiliki seluruh data mengenai hasil tes akhir peserta di semua kelas.

Dia berujar semua data tersebut tersedia dan sudah disampaikan ke PMO, sesuai dengan permintaan dan keperluan manajemen pelaksana.

Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja sebelumnya, mengevaluasi pelaksanaan pelatihan bagi peserta program Kartu Prakerja. Dalam surat pemberitahuan kepada delapan mitra pemerintah tercantum empat evaluasi penyelenggaraan program oleh Lembaga Pelatihan Program Kartu Prakerja itu.

Surat itu ditandatangani Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari pada 30 Juni 2020.

"Evaluasi mencakup pemenuhan kewajiban Lembaga Pelatihan dalam memberikan pelatihan kepada penerima manfaat Kartu Prakerja dan penilaian peserta pelatihan terhadap infrastruktur, sarana-prasarana, dan program pelatihan," demikian tercantum dalam surat itu.

Hasil evaluasi tersebut antara lain paket pelatihan terdiri dari beberapa jenis atau kelas pelatihan yang diselenggarakan satu atau beberapa lembaga pelatihan di masing-masing platform. Kedua, Tak ada mekanisme yang memastikan peserta menuntaskan seluruh jenis atau kelas pelatihan dalam paket setelah memperoleh insentif tunai.

Ketiga, tidak ada laporan soal penilaian peserta pelatihan atas infrastruktur, sarana prasarana, dan program. Keempat, manajemen Pelaksana tak dapat melaksanakan tugasnya untuk mengevaluasi satu atau beberapa jenis atau kelas pelatihan yang ada dalam masing-masing paket.

Atas dasar evaluasi ini, manajemen memutuskan menghentikan penjualan paket pelatihan yang ditawarkan delapan mitra. Mitra-mitra itu adalah Bukalapak, MauBelajarApa, Pijar Mahir, Pintaria, SekolahMu, Sisnaker, Skill Academy by RuangGuru, dan Tokopedia.

Tujuannya agar Program Kartu Prakerja berjalan sesuai aturan perundang-undangan.

"Berdasarkan temuan itu, manajemen pelaksana memutuskan menghentikan seluruh transaksi dan penjualan paket pelatihan," kata Denni dalam suratnya. Keputusan itu berlaku sejak surat diterbitkan. Denni meminta para mitra mencabut atau menghentikan penjualan Paket Pelatihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper