Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bulog Serap 700.000 Ton Sepanjang Semester I

Realisasi pengadaan beras yang mencapai 700.000 ton tersebut tersebar di seluruh wilayah kerja perusahaan di seluruh Indonesia.
Buruh mengangkut karung beras di Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta, Rabu (12/02/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Buruh mengangkut karung beras di Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta, Rabu (12/02/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA – Perum Bulog tercatat telah menyerap beras sebanyak 700.000 ton sepanjang semester I atau setara 50 persen dengan target penyerapan Bulog yang dipatok 1,4 juta ton tahun ini.

“Kondisi petani saat ini betul-betul perlu dibantu. Itulah sebabnya satuan kerja pengadaan dan para mitra kerja terus melakukan penyerapan beras sejak awal tahun sampai akhir Juni 2020,” kata Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso dalam keterangan resmi, Kamis (2/7/2020).

Adapun, satuan kerja Pengadaan Perum Bulog menyerap 365.000 ton setara beras, sedangkan mitra kerja yang terdiri dari koperasi dan non koperasi menyerap 335.000 ton.

Budi mengatakan, realisasi pengadaan beras yang mencapai 700.000 ton tersebut tersebar di seluruh wilayah kerja perusahaan di seluruh Indonesia. Target pengadaan yang dipaton 1,4 juta ton pun disebutnya telah diperhitungkan secara matang sesuai dengan kondisi di lapangan.

“Selain untuk memupuk stok sebagai cadangan beras pemerintah, kegiatan penyerapan gabah/beras petani dalam negeri ini juga menggerakkan perekonomian di tingkat petani sehingga dapat memulihkan roda perekonomian sesuai dengan arahan Bapak Presiden Jokowi selama pandemi Covid-19 ini”, lanjutnya.

Sebelumnya, Budi Waseso membeberkan potensi ditunjuknya perusahaan itu sebagai penyalur beras bantuan sosial untuk tiga bulan ke depan. Rencananya, 10 juta keluarga penerima manfaat di seluruh Indonesia bakal menjadi sasaran dalam penugasan ini.

Budi mengemukakan, setiap penerima manfaat akan rutin menerima 15 kilogram beras dalam tiga bulan ke depan. Jika program ini berjalan lancar, maka total stok kelolaan Bulog yang berpotensi tersalur mencapai 450.000 ton.

"Kami mungkin perlu menyiapkan 900.000 ton beras sampai akhir tahun jika penugasan ini berlanjut sampai Desember,” kata Budi dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (23/6/2020).

Potensi penyaluran tersebut terbilang fantastis. Sejak pemerintah mengganti program bantuan sosial beras sejahtera menjadi bantuan pangan non tunai (BPNT), ruang penyaluran stok beras Bulog tercatat kian terbatas dan membuat capaian serapan beras perusahaan itu menurun setiap tahunnya.

Pada 2016 misalnya, Bulog tercatat berhasil menyerap 2,96 juta ton beras. Jumlah ini perlahan susut menjadi 2,16 juta ton pada 2017, 1,44 juta ton pada 2018, dan 1,19 juta ton pada 2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper