Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pelonggaran PSBB Belum Berdampak pada Inflasi Juni 2020

Menurut BPS, pelonggaran PSBB tidak berpengaruh karena masyarakat butuh waktu untuk kembali normal.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 01 Juli 2020  |  12:41 WIB
Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kecuk Suhariyanto memberikan keterangan saat jumpa pers di Jakarta, Rabu (1/7/2020) - BPS.
Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kecuk Suhariyanto memberikan keterangan saat jumpa pers di Jakarta, Rabu (1/7/2020) - BPS.

Bisnis.com, JAKARTA - Aktivitas masyarakat yang kembali meningkat setelah beberapa kota besar telah melonggarkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), belum berdampak pada inflasi Juni 2020.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat adanya kenaikan tipis inflasi selama Juni 2020 yaitu sebesar 0,18 persen month to month (mtm), dari Mei 2020 yang tercatat sebesar 0,07 persen.

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan setelah pelonggaran PSBB, memang terlihat adanya peningkatan aktivitas masyarakat, misalnya kegiatan belanja sehari-hari mulai ada kenaikan.

Meski demikian, menurutnya, kegiatan masyarakat ini masih butuh waktu untuk kembali normal seperti sebelum terjadi pandemi Covid-19. Justru, peningkatan inflasi pada Juni 2020 tersebut lebih didorong oleh kenaikan harga daging ayam ras dan telur ayam ras.

"Pada Juni ini inflasi lebih karena kenaikan harga daging ayam ras dan telur ayam ras, juga ada kontribusi sedikit dari kenaikan tarif angkutan udara," katanya, Rabu (1/7/2020).

Harga daging ayam ras per Juni 2020 memang terjadi kenaikan di 6 kota, tertinggi di Gunung Sitoli dan Lhoksemawe.

Adapun, Suhariyanto mengatakan dari 90 kota IHK, sebanyak 76 kota mengalami inflasi dan 14 kota mengalami deflasi. Inflasi tertinggi terjadi di Kendari di mana terjadi inflasi 1,33 persen dan terendah terjadi di Makasar 0,01 persen.

Sementara itu, deflasi tertinggi terjadi di Ternate sebesar -0,34 persen dan terendah di Padang Sidempuan -0,02 persen.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Inflasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top