Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasar Perhotelan Masih Hadapi Tantangan Sepanjang Tahun Ini

Di Jakarta, kebanyakan hotel baru yang masuk berlokasi di Jakarta pusat dan berada di kelas atau atau segmen mewah.
Pasar properti hotel masih akan tertekan karena kunjungan dari wisatawan asing yang masih minim untuk jangka pendek./Bisnis
Pasar properti hotel masih akan tertekan karena kunjungan dari wisatawan asing yang masih minim untuk jangka pendek./Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA – JLL menyebutkan bahwa pasar properti perhotelan masih menantang sepanjang 2020 akibat terhantam pandemi virus corona.

Head of Research JLL Jakarta James Taylor mengatakan bahwa sejak 2019, pasar properti perhotelan sudah mengalami penurunan dengan keuntungan dari kamar yang tersedia (RevPAR) pada 2019 mengalami penurunan 2,9 persen secara tahunan setelah naik 2 tahun berturut-turut.

“Pasalnya, kenyataannya meskipun okupansi naik tipis 1,5 persen, harga rata-rata per malam turun 5,2 persen,” ungkapnya dikutip melalui laporan tertulis, Senin (29/6/2020).

Sepanjang kuartal I/2020, RevPAR melanjutkan tren penurunan dengan rata-rata tingkat okupansi turun hingga 46,1 persen. Sementara itu, rata-rata harga per malam (ADR) juga terkontraksi sampai 8 persen secara tahuan menjadi Rp2,1 juta per malam. Dengan hasil tersebut, RevPAR hotel di Jakarta turun 28,7 persen.

Ke depan, Taylor menyebutkan bahwa pasar properti hotel masih akan tertekan karena kunjungan dari wisatawan asing yang masih minim untuk jangka pendek di tengah masih adanya pembatasan bepergian secara global dan larangan masuk bagi warga negara asing di Indonesia.

Adapun, adanya tambahan pasok hotel yang akan hadir pada tahun ini dipastikan makin memberi tekanan pada harga, terutama pada hotel-hotel mewah.

Pada kuartal I/2020, ada satu hotel besar yang dibuka sehingga jumlah pasokan naik. Dari hotel baru tersebut, pasar properti hotel mendapat tambahan 1.800 kamar meskipun pembukaannya ditunda.

Di Jakarta, kebanyakan hotel baru yang masuk berlokasi di Jakarta pusat dan berada di kelas atau atau segmen mewah. Dengan hadirnya hotel tersebut di kawasan pusat bisnis Jakarta akan meningkatkan daya saing di wilayah sekitarnya.

JLL menyebutkan bahwa hotel yang dibuka pada kuartal I/2020 antara lain Oakwood Apartments PIK Jakarta sebanyak 151 kamar. Kemudian, rencananya ada pembukaan 126 kamar di Regent Jakarta, 177 kamar di Somerset Sudirman namun diperkirakan akan tertunda.

“Kami mengantisipasi bahwa pembukaan hotel baru ini akan ditunda sampai melewati 2020 melihat kondisi saat ini yang masih belum pasti,” imbuh Taylor.

Sementara itu kinerja penjualan kamar hotel juga diperkirakan masih menantang untuk jangka pendek. Meskipun situasi di tengah Covid-19 ini mulai mereda, perekonomian global yang melorot dan harga minyak dunia yang anjlok juga bisa menurunkan permintaan perusahaan untuk pergi atau investasi di hotel Jakarta.

“Namun, kami memperkirakan bahwa pasar akan kembali memasuki periode pemulihan sebelum perdagangan kembali stabil, yakni dalam jangka menengah hingga panjang,” lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila
Editor : Zufrizal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper