Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Dunia : Peningkatan Kualitas Jalan di Indonesia Lambat

Peningkatan belanja pemerintah sebagian besar digunakan untuk membiayai penanganan yang lebih mahal, yang berujung pada pembangunan dan pemeliharaan berbiaya tinggi.
Pemudik bersepeda motor melintas di Jalan Raya Pantura, Brebes, Jawa Tengah, Minggu (2/6/2019)./Antara
Pemudik bersepeda motor melintas di Jalan Raya Pantura, Brebes, Jawa Tengah, Minggu (2/6/2019)./Antara

Bisnis.com, JAKARTA — Bank Dunia mengungkapkan terdapat beberapa temuan terkait dengan sektor jalan nasional yang tertuang dalam kajian belanja publik yang dipaparkan pada Kamis (25/6/2020).

Tomas Herrero Diez, Transport Consultant Wolrd Bank, mengungkapkan bahwa jalan nasional dan jalan bebas hambatan secara strategis penting bagi produktivitas dan daya saing Indonesia yaitu melayani 40 persen dari semua lalu lintas.

"Meskipun belanja pemerintah untuk jalan nasional telah meningkat selama dekade terakhir ini, pertumbuhan jaringan jalan nasional tidak sejalan dengan pertumbuhan permintaan lalu lintas. Hampir dua pertiga kendaraan yang melalui jalan nasional berada dalam kondisi arus lalu lintas yang lambat atau padat," jelasnya.

Lebih lanjut, peningkatan belanja pemerintah sebagian besar digunakan untuk membiayai penanganan yang lebih mahal, yang berujung pada pembangunan dan pemeliharaan berbiaya tinggi. Namun, kualitas jalan nasional belum meningkat secara berarti jika dibandingkan secara internasional.

Selain itu, pengumpulan data dan sistem manajemen yang buruk telah menyebabkan prioritisasi program yang terfragmentasi dan tidak efektif.

Selain itu, kondisi Direktorat Jenderal Bina Marga yang sangat terdesentralisasi menjadi penghambat peningkatan kualitas dan kecepatan pelaksanaan proyek jalan nasional.

Kemudian, program pembangunan jalan tol berada di jalur yang tepat, tetapi Pemerintah Indonesia sangat bergantung pada badan usaha milik negara untuk melaksanakan proyek-proyek baru.

"Model ini berisiko menciptakan biaya yang harus dikeluarkan oleh pemerintah jika terjadi peristiwa atau kejadian tertentu dan menyebabkan hengkangnya sektor swasta," jelasnya.

Kajian bank Dunia ini bertujuan membantu Pemerintah Indonesia mengidentifikasi kendala-kendala dalam belanja publik yang efektif dan efisien dan memberikan cara-cara untuk meningkatkan kualitas belanja untuk merealisasikan tujuan pembangunan Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Agne Yasa
Editor : Zufrizal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper