Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Xurya plts atap ekspansi di luar pulau jawa

Xurya merupakan startup energi terbarukan yang mempelopori metode Rp0,- dalam pembiayaan PLTS Atap.
Yanita Petriella
Yanita Petriella - Bisnis.com 23 Juni 2020  |  16:29 WIB
Pekerja membersihkan panel Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di pondok pesantren Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Wali Barokah di Kota Kediri, Jawa Timur, Kamis (16/5/2019). Pembangunan PLTS senilai Rp10 miliar dengan panel surya seluas 41 meter x 40 meter tersebut mampu menghasilkan listrik 220.000 Watt per hari. - ANTARA / Prasetia Fauzani
Pekerja membersihkan panel Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di pondok pesantren Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Wali Barokah di Kota Kediri, Jawa Timur, Kamis (16/5/2019). Pembangunan PLTS senilai Rp10 miliar dengan panel surya seluas 41 meter x 40 meter tersebut mampu menghasilkan listrik 220.000 Watt per hari. - ANTARA / Prasetia Fauzani

Bisnis.com, JAKARTA – PT Xurya Daya Indonesia (Xurya) melakukan ekspansi pasar bagi para pelaku industri dan bisnis di luar Pulau Jawa.

Untuk diketahui, Xurya merupakan startup energi terbarukan yang mempelopori metode Rp0,- dalam pembiayaan PLTS Atap.

Managing Director Xurya Eka Himawan mengatakan setelah dua tahun beroperasi, Xurya melihat pangsa pasar di luar Pulau Jawa cukup potensial dan permintaan terhadap instalasi PLTS Atap semakin diminati oleh para pemilik bangunan, baik bangunan komersial maupun baangunan industri.

Melakukan ekspansi pasar juga sebagai bentuk dukungan Xurya terhadap upaya pemerintah untuk meningkatkan penggunaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) sesuai dengan target Dewan Energi Nasional dalam penggunaan Energi Baru Terbarukan (EBT) sebesar 23 persen pada 2025.

Tahun ini, Xurya akan melakukan ekspansi pasar PLTS Atap di luar Jawa, yakni di Palembang dan Makassar.

"Indonesia memiliki potensi pengembangan PLTS Atap cukup besar, tidak hanya di Pulau Jawa tapi di seluruh Indonesia. Setelah keadaan kondusif, tahun ini kami akan melakukan instalasi di Palembang dan Makassar, wilayah lain sedang dalam proses feasibility study," ujarnya dalam siaran pers, Selasa (23/6/2020).

Kota Palembang dan Makassar menjadi langkah awal Xurya dalam memperluas jangkauan pasar PLTS Atap di seluruh Indonesia. Dukungan kebijakan dan regulasi yang dikeluarkan pemerintah juga berdampak terhadap meningkatnya minat pelaku industri dan bisnis untuk memasang PLTS Atap di luar Jawa.

“Pemerintah kini sudah memberikan ruang untuk pengembangan PLTS Atap, hal ini meningkatkan gairah para pelaku bisnis dan industri untuk memasang PLTS Atap di fasilitas mereka. Dimanapun wilayahnya, kami akan memberikan akses green-financing murah, mulai dari proses instalasi hingga perawatan tidak kami kenakan biaya,” kata Eka.

Selain dapat menekan biaya listrik, penggunaan PLTS Atap juga sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan untuk menerapkan efisiensi energi yang lebih bersih, berkelanjutan dan berkontribusi terhadap kelestarian lingkungan karena mengurangi produksi CO2.

Hingga pertengahan tahun, Xurya telah menggarap lebih dari 20 pelanggan di wilayah Jabodetabek, Jawa Barat dan Jawa Timur. Mulai dari gudang penyimpanan, rantai pendingin, perusahaan logistik, manufaktur, pusat perbelanjaan, gedung perkantoran hingga wahana air.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

plts ebt
Editor : David Eka Issetiabudi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top