Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Menteri Bappenas: Total Kerugian Daya Beli Selama Covid-19 Rp392 Triliun

Hal ini dipicu oleh hilangnya jam kerja yang signifikan akibat kontribusi sektor-sektor penting, a.l. manufaktur, pariwisata dan investasi yang turun.
Hadijah Alaydrus
Hadijah Alaydrus - Bisnis.com 22 Juni 2020  |  12:25 WIB
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa. Bisnis - Abdullah Azzam
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa. Bisnis - Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/ Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengungkapkan daya beli yang menguap pada periode 30 Maret hingga 6 Juni 2020 mencapai Rp362 triliun.

Suharso menuturkan hal ini dipicu oleh hilangnya jam kerja yang signifikan akibat kontribusi sektor-sektor penting, a.l. manufaktur, pariwisata dan investasi yang turun.

"Ini yang menjelaskan kenapa tidak ada pembeli atau UMKM mendapatkan penghasilan yang turun drastis," papar Suharso dalam rapat dengan Komisi XI, Senin (22/6/2020).

Bahkan, dia mengatakan utilitas manufaktur turun hingga ke kisaran 30 persen dalam rentang periode ini. Turunnya utilitas manufaktur membuat sebagian pekerja dirumahkan.

Dia melihat ini akan menjadi pekerjaan rumah dalam pemulihan ekonomi 2021. Oleh karena itu, fokus dan strategi nasional 2021 adalah mempercepat pemulihan ekonomi nasional. Instrumen pemulihan ekonomi yang akan difokuskan adalah industri manufaktur, pariwisata dan investasi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bappenas daya beli
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top