Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hari Kerja saat PSBB Transisi, Penumpang KRL Abaikan Jaga Jarak

Pelaksanaan hari pertama masuk kerja pada masa PSBB transisi ini diwarnai dengan antrean calon penumpang yang mengabaikan jaga jarak di sejumlah stasiun KRL Jabodetabek.
Rangkaian kereta rel listrik (KRL) melintas di kawasan Tanah Abang, Jakarta, Minggu (19/4/2020). Bisnis/Arief Hermawan P
Rangkaian kereta rel listrik (KRL) melintas di kawasan Tanah Abang, Jakarta, Minggu (19/4/2020). Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - Pelaksanaan hari pertama masuk kerja pada masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi ini diwarnai dengan membeludaknya antrean calon penumpang di sejumlah stasiun KRL Jabodetabek.

Berdasarkan unggahan foto yang beredar di media sosial, sejumlah stasiun terpantau padat sejak pagi hari. Salah satunya seperti foto-foto yang diunggah akun Instagram @jktinfo yang dikutip Bisnis.com, Senin (8/6/2020), nampak antrean calon penumpang mengular terjadi Stasiun Bogor, Stasiun Bojong Gede, dan Stasiun Citayam.

Dala unggahan tersebut menunjukkan tidak semua calon penumpang mematuhi ketentuan jaga jarak (physical distancing), yang diatur kurang lebih 1-2 meter, saat mengantre. Kendati demikian, tempat mencuci tangan sudah disediakan di dalam stasiun.

Saat berada di dalam kereta, ketentuan jaga jarak seakan kembali diabaikan oleh penumpang. Padahal, sejumlah marka sudah dipasang oleh PT Kereta Commuter Indonesia untuk menjadi acuan dalam memenuhi salah satu protokol kesehatan.

Akan tetapi, petugas KRL selalu memberikan dan mengingatkan para penumpang melalui pengeras suara untuk selalu menjaga jarak, tidak berbicara, dan menggunakan masker saat berada di dalam kereta untuk mencegah penularan Covid-19.

Sebelumnya, PT Kereta Commuter Indonesia (KCI), operator KRL Jabodetabek, mengklaim telah mengantisipasi adanya antrean di sejumlah stasiun akibat masyarakat yang akan kembali beraktivitas pada masa PSBB Transisi di wilayah DKI Jakarta.

VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba mengatakan pada masa transisi ini, KCI masih mengikuti aturan dari pemerintah mengenai jumlah pengguna yang diizinkan dalam satu kereta yaitu 35 persen dari kapasitas maksimum.

"Dengan demikian, untuk menjaga kapasitas dan jarak aman [physical distancing] di dalam kereta maka pengguna akan diatur melalui beberapa titik penyekatan sebelum masuk ke peron untuk naik kereta," jelasnya, Minggu (7/6/2020).

Pihaknya juga telah menambah jam operasional KRL Commuterline hingga pukul 21.00 selama masa PSBB transisi mulai hari ini. KRL akan beroperasi dari pukul 04.00-21.00 WIB, setelah sebelumnya hanya beroperasi dari 04.00-20.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Media Sosial, Tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper