Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Skema Normal Baru Pelindo III, Diterapkan Usai Idulfitri

Pelindo III segera menerapkan skema kerja normal baru usai hari raya Idulfitri dengan layanan logistik secara daring serta mewajibkan karyawan kembali bekerja penuh dari kantor.
Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Doso Agung./Istimewa
Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Doso Agung./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III segera menerapkan skema kerja new normal atau normal baru usai hari raya Idulfitri dengan layanan logistik secara daring serta mewajibkan karyawan kembali bekerja penuh dari kantor.

Direktur Utama Pelindo III Doso Agung menjelaskan layanan pengurusan logistiknya kini melalui sebuah web portal elektronik yang didesain khusus bagi para pelanggan dan dapat diakses secara daring, aman serta mudah, untuk memberikan kemudahan bagi para pelanggan dalam bertransaksi.

“Para pengguna jasa dapat menggunakan layanan daring dari kami, sehingga tidak perlu datang ke terminal/pelabuhan untuk mendapatkan layanan jasa kepelabuhanan,” jelas Doso, Rabu (20/5/2020).

Pihaknya menerapkan sistem pelayanan kepelabuhanan berbasis internet, Port Operation Command Center atau (POCC). Layanan ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan dalam kegiatan kepelabuhan dengan mengatur seluruh aktivitas kepelabuhanan baik bongkar muat maupun jadwal sandar kapal di pelabuhan demi kenyamanan para mitra bisnis seiring semakin meningkatnya aktivitas kapal dan bongkar muat barang di sejumlah pelabuhan yang dikelolanya.

Selama ini, lanjutnya, perseroan telah menerapkan pelayanan dan operasional berbasis digital melalui berbagai sistem dan aplikasi, di antaranya single portal  Integrated Billing System (IBS) yang memiliki layanan e-regristration, e-booking, e-tracking, e-payment, e-invoice, e-billing, dan e-care.

Selain itu juga ada pertemuan daring yang memudahkan perusahaan pelayaran dan agen kapal untuk rapat dari kantornya masing-masing dan juga melalui aplikasi tambatan buatan Pelindo III. Pelayaran bisa koordinasi untuk merencanakan tambatan dan berkomunikasi langsung dengan petugas tambatan dan otoritas pelabuhan untuk penetapan tambatan.

Saat ini, kata dia, sedang dilakukan uji coba Epilot di pelabuhan Tanjung Perak, diharapkan sukses, sehingga nantinya kapal dapat masuk ke pelabuhan dengan bantuan sistem digital.

“Namun jika ada tamu atau pengguna jasa harus datang ke kantor/terminal/pelabuhan karena keperluan yang mendesak, maka diwajibkan untuk mengikuti protokol kesehatan yang ketat seperti pengecekan suhu badan kepada semua orang, penggunaan masker, hand sanitizer,  serta pengaturan physical distancing,” ujarnya.

Langkah ini sesuai dengan surat edaran Menteri BUMN No. 336/MBU/05/2020 tentang Antisipasi Skenario The New Normal Badan Usaha Milik Negara. Karyawan di Pelindo III akan kembali bekerja penuh setelah Idulfitri, keputusan ini diambil sebagai langkah penyesuaian diri dengan ekosistem bisnis logistik dan kemaritiman untuk menggerakkan kembali ekonomi nasional dan mendukung langkah-langkah strategis Pemerintah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper