Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Meski Mengklaim Tak Langgar PSBB, IKEA Pilih Tutup Sementara

IKEA Alam Sutera memutuskan untuk menutup sementara secara sukarela gerainya mulai Senin (11/5/2020)
IKEA Alam Sutera
IKEA Alam Sutera

Bisnis.com, JAKARTA – PT Hero Supermarket Tbk. mengumumkan gerai IKEA Alam Sutera sebagai entitas anaknya secara sukarela menutup toko untuk sementara, mulai Senin (11/5/2020). 

Public Relations IKEA Indonesia Ririn Basuki mengatakan keputusan untuk menutup IKEA Alam Sutera untuk sementara dilakukan secara sukarela.

“Kami ingin menekankan bahwa tidak ada pelanggaran terhadap ketentuan PSBB yang dilakukan oleh IKEA, dan kami telah mengikuti seluruh kriteria protokol yang diatur dalam ketentuan PSBB, sebagaimana dikonfirmasi oleh Pemerintah Daerah Kota Tangerang melalui Kepala Satpol PP,” ungkapnya dikutip dari siaran pers yang diterima Bisnis, Selasa (12/5/2020). 

IKEA mengklaim menerapkan protokol jaga jarak selama PSBB, termasuk mengatur jarak satu meter pada pintu masuk dan kasir, melakukan pengecekan suhu tubuh terhadap setiap pengunjung dan co-worker, mengharuskan penggunaan masker pelindung dan hand sanitizer sebelum memasuki toko, pembatasan jumlah pengunjung di dalam toko, serta secara terus menerus mengingatkan pengunjung untuk mematuhi protokol PSBB.

Selain itu, untuk menghindari pengunjung yang datang dalam jumlah besar pada saat bersamaan, IKEA mengimbau para pelanggannya untuk belanja secara daring melalui www.IKEA.co.id

“Langkah ini diambil karena IKEA selalu memprioritaskan kesehatan dan keselamatan pelanggan dan co-worker kami,” lanjut Ririn.

Sebagai sebuah hypermarket di industri ritel, IKEA menyediakan rangkaian produk rumah tangga untuk mendukung kebutuhan sehari-hari masyarakat, dan pada situasi saat ini perseroan menyatakan bukan hanya sembako yang merupakan hal utama, tetapi produk rumah tangga menjadi semakin dibutuhkan.

Dalam rangka mendukung himbauan pemerintah agar mengurangi perjalanan luar, IKEA mengajak pelanggannya di Indonesia untuk melakukan beragam kegiatan di rumah secara nyaman dengan menggunakan rangkaian produk IKEA.

“Kami mengharapkan adanya konfirmasi pemerintah mengenai keabsahan operasional retail hypermarket, mengingat kami telah memenuhi seluruh kriteria PSBB,” imbuh Head of Communication & Government Relations Diky Risbianto.

Menurutnya, Hero Group menempatkan pelanggan dan karyawan sebagai prioritas utama, dan kami berkomitmen untuk mendukung dan melayani mereka, terlebih pada saat seperti ini.

Sebelumnya, warganet mempersoalkan beroperasinya toko ritel furnitur dan alat rumah tangga tersebut di tengah penerapan PSBB di Tangerang.

Pemerintah Kota melalui Satpol PP dan Dinas Perdagangan Kota Tangerang akhirnya melakukan inspeksi mendadak (sidak) di IKEA Alam Sutera pada pekan lalu.

Sidak dilakukan setelah mendapatkan laporan dari masyarakat atas video viral di media sosial yang beredar. Di video tersebut terlihat gerai IKEA Alam Sutera penuh dengan pengunjung meski dalam masa PSBB akibat pandemi Covid-19. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper