Kurangi Dampak Pandemi Covid-19, Grab Gotong Royong Bantu Mitra

Melihat hal itu, Grab, super app terkemuka di Asia Tenggara, sebagai perusahaan yang menyediakan layanan transportasi on-demand di Asia Tenggara, serta layanan pengantaran makanan, barang, belanjaan, pembayaran digital dan layanan finansial, tidak tinggal diam.
Pemberian Paket Semabko untuk Driver Grab.
Pemberian Paket Semabko untuk Driver Grab.

Bisnis.com, JAKARTA- Pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) yang melanda Indonesia, selain berimbas kepada sektor kesehatan masyarakat juga memukul sisi perekonomian.

Salah satu pihak yang terdampak signifikan akibat hal itu adalah para mitra pengemudi ojek online atau Ojol. Pendapatan mereka berkurang cukup drastis lantaran berkurangnya mobilitas masyarakat, terlebih pasca penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Melihat hal itu, Grab, super app terkemuka di Asia Tenggara, sebagai perusahaan yang menyediakan layanan transportasi on-demand di Asia Tenggara, serta layanan pengantaran makanan, barang, belanjaan, pembayaran digital dan layanan finansial, tidak tinggal diam.

Grab pun telah menyiapkan komitmen Rp160 miliar untuk menjaga kesejahteraan mitra pengemudinya tersebut, sebagai bagian dari serangkaian program yang diberi label “Kita vs. Corona”.

Salah satu bentuk realisasi program tersebut adalah dengan memberikan donasi kepada lebih banyak mitra pengemudi dalam bentuk paket dan voucher belanja sembako, dan kebutuhan pokok lainnya.

Ternyata yang menarik, dukungan pun tidak semata datang dari Grab, tapi juga dari sejumlah pihak lainnya, salah satunya adalah BenihBaik, platform crowdfunding yang dipimpin jurnalis senior Andy F. Noya.  

Dalam program ini,  ribuan mitra pengemudi Grab yang terkena dampak pandemi ini dapat menemukan informasi bantuan melalui fitur GrabBenefits di aplikasi yang dapat mereka tukarkan dengan paket sembako ataupun voucher belanja sembako.  

Selain bantuan makanan, mitra pengemudi Grab juga akan menerima multivitamin dan hand sanitizer yang disediakan oleh mitra bisnis seperti Fatigon dan Lifebuoy.

Melalui donasi ini, Lifebuoy berbagi peran untuk membiasakan pentingnya mencuci dan menjaga kebersihan tangan agar terhindar dari berbagai penyakit, apalagi di tengah pandemi virus korona ini.

Grab pun menggandeng sejumlah perusahaan terkemuka lainnya untuk mendukung program ini, seperti Bank Danamon, Adira Finance, Tunas Toyota, Pertamina, Bank Syariah Mandiri, XL Axiata, ExxonMobil Lubricants Indonesia dan perusahaan multinasional MUFG Bank.

Donasi gelombang pertama Grab diluncurkan dua minggu lalu, dengan paket sembako didistribusikan ke mitra pengemudi GrabBike dan GrabCar di 27 kota di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Medan, Surabaya, Bali, Yogyakarta, Pangkal Pinang, Bengkulu, Pekanbaru, Bontang, Mataram, Pontianak, dan Makassar.

Kurangi Dampak Pandemi Covid-19, Grab Gotong Royong Bantu Mitra

Diperluas

Donasi ini akan terus diperluas ke kota-kota lainnya. Dan langkah ini mulai mendapat sambutan dari para mitra pengemudi Grab.

Sebuah akun Twitter @penjahatgunung yang terdeteksi berlokasi di Yogyakarta pada 24 April 2020 mengunggah: “Buat temen temen driver Grab, monggo di cek inboxnya, ada kupon sembako sebesar Rp150 ribu yang bisa dituker di Indomaret. Semoga mberkahi.”  

Unggahan ini kemudian dimuat dalam akun Instagram @dramaojol.id: “Wah Grab sama Indomaret bagi-bagi voucher buat para driver di beberapa kota. Alhamdulillah stok sembako puasa sudah aman. Yang blm kebagian tunggu giliran ya. Tetap semangat semua! Semoga kedepannya banyak inisiatif dr Grab yang bagus2 buat drivernya.”  

Paket sembako untuk mitra pengemudi tersebut dapat diambil di titik pengambilan yang ditentukan di setiap kotanya. Sedangkan untuk voucher belanja sembako, dapat ditukar dengan produk-produk seperti beras, minyak goreng, garam, gula, tepung, mie instan, telur, sarden, daging kornet senilai Rp150.000 per mitra pengemudi. 

Neneng Goenadi, Managing Director Grab Indonesia menyatakan bahwa sebagian dari dana yang digunakan untuk sembako ini juga didanai oleh sumbangan sukarela karyawan Grab Indonesia yang telah dilipatgandakan oleh perusahaan. 

“Di saat banyak mitra pengemudi kami yang terdampak pandemi, selain membantu mereka menemukan alternatif untuk memperoleh penghasilan, kami juga mencari cara untuk membantu memastikan pemenuhan kebutuhan sehari-hari mereka," ujarnya.

Pihaknya bersyukur atas dukungan dari berbagai mitra bisnis dan juga BenihBaik yang telah bekerja sama dengan Grab untuk memperluas program bantuan itu untuk para mitra pengemudi.

"Kami telah meluncurkan donasi gelombang pertama dua minggu yang lalu dan akan terus mencari cara untuk memperluas program ini agar dapat bermanfaat bagi mitra pengemudi yang lebih banyak lagi.” jelasnya.

Sebelumnya, juga bersama BenihBaik dan Palang Merah Indonesia, Grab menyediakan masker bagi petugas kesehatan, mitra pengemudi, dan masyarakat luas melalui inisiatif “Satu Juta Masker PMI”.

Untuk mendukung pemerintah mengatasi penyebaran virus, Grab juga telah menjadi mitra terpercaya untuk pemeriksaan awal gejala virus melalui layanan konsultasi GrabHealth, layanan pengantaran obat dan petugas kesehatan yang berada dalam naungan Kementerian Kesehatan RI.

“Kami sangat berterima kasih atas dedikasi para mitra pengemudi dalam melayani kebutuhan masyarakat Indonesia. Kami juga berharap dapat terus membantu mereka dalam memberikan rasa tenang serta berkah dalam bulan Ramadhan ini,"  ujar Neneng.  

Grab berencana untuk memperluas inisiatif donasinya untuk memberi manfaat kepada lebih banyak mitra pengemudi. Perusahaan rintisan ini juga akan melanjutkan kerja sama dengan perusahaan lainnya dalam mengumpulkan sumber daya untuk mendukung mitra pengemudi yang telah memainkan peran penting dalam mendukung bisnis dan ekonomi Indonesia ini.

#SiapAntarRamadanmu

Sementara itu, guna memenuhi kebutuhan masyarakat dalam merayakan kebersamaan selama ramadan, Grab pun meluncurkan kampanye #SiapAntarRamadanmu.

Grab luncurkan fitur Pemesanan Terjadwal untuk GrabFood, menu spesial Ramadan dan mengumumkan acara live streaming untuk menggerakkan dukungan kepada restoran lokal selama ramadan.

Pengguna Grab dapat berbagi kebahagiaan dengan Mitra Pengantaran Grab dengan memesan menu spesial bagi mereka.

Paket data dan layanan kirim uang untuk membantu keluarga tetap dekat selama Ramadan, walaupun mereka terpisah secara fisik selama PSBB.

Kurangi Dampak Pandemi Covid-19, Grab Gotong Royong Bantu Mitra

"Melalui kampanye #SiapAntarRamadanmu ini, kami ingin pelanggan tetap merasakan kebahagiaan ramadan seperti biasanya dengan cara yang lebih aman,” jelas Neneng.

Hadi Surya Koe, Head of Marketing GrabFood, Grab Indonesia menambahkan, untuk membantu pelanggan dalam persiapan sahur dan buka puasa serta menggerakkan industri makanan dan minuman selama ramadan, GrabFood meluncurkan berbagai fitur dan aktivitas baru.

Adapun fitur terbaru itu adalah ‘Pesanan Terjadwal’ di GrabFood. Fitur ini akan memberikan fleksibilitas kepada pelanggan untuk mengatur waktu pemesanan sesuai kebutuhan mulai dari dua jam hingga dua hari sebelumnya.

"Kami harap inisiatif-inisiatif ini tidak hanya menemani pelanggan selama menjalankan ibadah bulan suci di rumah, tapi juga berkontribusi dalam menjaga roda ekonomi untuk tetap berputar lewat dukungan kami terhadap usaha kuliner lokal di tanah air,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper