Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

BPS: Jumlah Lowongan Pekerjaan Turun 70 Persen Akibat Covid-19

Jumlah lowongan yang turun tajam berasal dari sektor akomodasi, makanan dan minuman; perdagangan; dan industri pengolahan.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 30 April 2020  |  14:57 WIB
Pencari kerja memadati Indonesia Career Expo, di International Convention Exhibition (ICE) BSD, Serpong , Tangerang Selatan, Jumat (8/9). - JIBI/Endang Muchtar
Pencari kerja memadati Indonesia Career Expo, di International Convention Exhibition (ICE) BSD, Serpong , Tangerang Selatan, Jumat (8/9). - JIBI/Endang Muchtar

Bisnis.com, JAKARTA - Jumlah perusahaan yang memasang iklan lowongan tenaga kerja turun sebanyak 50 persen akibat pandemi Covid-19.

Sementara itu, jumlah iklan lowongan pekerjaan turun lebih dalam lagi sebesar 70 persen.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto mengatakan data ini dikumpulkan dari big data. Dari data tersebut, dia melihat jumlah lowongan yang turun tajam berasal dari sektor akomodasi, makanan dan minuman; perdagangan; dan industri pengolahan.

"Pergerakan di sektor ini menjadi kunci penting, sektor mana yang perlu kita intervensi supaya nantinya bisa terjadi recovery yang sangat cepat," kata Suhariyanto.

Dari sisi tingkat pengangguran, BPS melihat kemungkinan peningkatan dari sektor pariwisata, termasuk perhotelan, restoran, transportasi dan sejenisnya akibat pandemi Covid-19.

"Karena berpengaruh oleh turunnya jumlah wisatawan mancanegara, utamanya dari China."

Jika pandemi ini selesai dengan cepat, BPS yakin target angka pengangguran akan tercapai. Namun, jika pandemi berlangsung sampai Agustus, maka target akan sulit dicapai.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bps pengangguran lowongan kerja
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top