Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Manfaat Keberadaan Jalan Tol Pandaan-Malang

Jalan tol Pandaan—Malang juga disebut-sebut menjadi salah satu jalan tol terindah yang menyuguhkan pemandangan alam di kanan kiri jalan.
Agne Yasa
Agne Yasa - Bisnis.com 20 April 2020  |  11:18 WIB
Uji coba kendaraan di ruas tol Pandaan-Malang, yang secara keseluruhan memiliki lima seksi. Tol Pandaan-Malang Seksi 1-3 sepanjang 30,6 kilometer (km) resmi beroperasi pada Senin (13/5/2019). - Bisnis/Kahfi
Uji coba kendaraan di ruas tol Pandaan-Malang, yang secara keseluruhan memiliki lima seksi. Tol Pandaan-Malang Seksi 1-3 sepanjang 30,6 kilometer (km) resmi beroperasi pada Senin (13/5/2019). - Bisnis/Kahfi

Bisnis.com, JAKARTA — Badan Pengatur Jalan Tol telah menyelesaikan pembangunan jalan tol Pandaan—Malang dan telah beroperasi seluruhnya sepanjang 38,48 kilometer.

BPJT dalam laman resminya, Senin (20/4/2020), menyebutkan bahwa terdapat beberapa manfaat yang dihasilkan dari kehadiran jalan tol tersebut di antaranya memudahkan konektivitas bagi masyarakat sehari-hari, mobilitas logistik yang dapat meningkatkan perekonomian di wilayah Jawa Timur, serta potensi wisata menarik yang dituju lebih cepat.

Keberadaan jalan tol ini mendukung arus mobilisasi orang hingga kebutuhan barang-barang logistik antara Kota Surabaya dan Malang, jalan tol ini juga membantu memudahkan mobilitas kendaraan sehingga kecepataan waktu tempuh hanya menjadi 2 jam hingga 3 jam.

Jalan tol Pandaan—Malang juga memberi dukungannya melalui peningkatan perekonomian Jawa Timur pada sektor pariwisata, yaitu kawasan wisata dan Taman Safari Prigen, kebun teh Wonosari, Candi Singosari, kawasan wisata Batu, dan masih banyak lagi potensi wisata yang diklaim dapat dijangkau lebih cepat.

Jalan bebas hambatan tersebut Malang juga disebut menjadi salah satu jalan tol terindah yang menyuguhkan pemandangan alam di kanan kiri jalan, terutama di rest area yang berhadapan langsung dengan Gunung Bromo dan Semeru di sisi timur ruas tol.

Jika dari arah Malang, terdapat pemandangan Gunung Arjuno di sisi barat, Gunung Kawi di sisi barat daya, Gunung Panderman di Kota Batu dan Gunung Penanggungan di wilayah Pandaan.

Selain itu, jalan tol ini juga mendukung peningkatan akses bagi Kawasan Ekonomi Khusus Singosari dan Bandara Abdul Rachman Saleh di Kota Malang.

Jalan tol Pandaan—Malang terdiri atas 5 Seksi, yaitu Seksi 1 Pandaan—Purwodadi (15,4 km), Seksi 2 Purwodadi—Lawang (8 km), Seksi 3 Lawang—Singosari (7 km), Seksi 4 Singosari—Pakis (4,7 km), dan Seksi 5 Pakis—Malang (3 km).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top