Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

China Permudah Ekspor Alkes Ke Indonesia

Setelah terkendala oleh proses kepabeanan, Pemerintah China memberikan kemudahan ekspor produk alat kesehatan ke Indonesia.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 17 April 2020  |  10:26 WIB
Petugas kesehatan memeriksa alat kesehatan di ruang IGD Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3/2020). Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran itu siap digunakan untuk menangani 3.000 pasien. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A - Pool
Petugas kesehatan memeriksa alat kesehatan di ruang IGD Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3/2020). Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran itu siap digunakan untuk menangani 3.000 pasien. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A - Pool

Bisnis,com, JAKARTA – Para importir alat kesehatan, merasa lega setelah Kementerian Perdagangan China (Mofcom) memberikan kemudahan pengiriman produk tersebut menuju Indonesia.

M Refgy Bacharudin, pengusaha asal Indonesia yang memasok alat kesehatan daari China mengatakan, kebijakan China tersebut memudahkan RI untuk memenuhi kebutuhan produk itu di tengah wabah corona.

"Tentu bagi kami itu kabar gembira," katanya seperti dikutip dari Antara, Jumat (17/4/2020). . Refgy mengatakan, peralatan medis berupa masker, alat pelindung diri, perangkat tes Covid-19, dan termometer inframerah yang totalnya mencapai 2 ton tidak bisa dikirimkan dari China ke Indonesia.

Menurutnya, barang dari China tersebut sejak 1 April 2020 disimpan di komplek pergudangan Bandar Udara Internasional Pudong, Shanghai. Barang tersebut seharusnya diberangkatkan menggunakan pesawat kargo pada 4 April.

Namun karena ada peraturan kepabeanan yang baru, maka barang-barang yang hendak disalurkan ke berbagai daerah di Indonesia itu tidak bisa diterbangkan.

Akibat dari kebijakan tersebut, sejumlah pemasok barang dari China mengalami kerugian finansial yang cukup besar karena harus menambah biaya sewa gudang.

"Kami yang bergerak di jasa forwarding tentu sangat berharap adanya kebijakan baru lagi yang bisa memudahkan ekspor alkes ke Indonesia karena memang sangat dibutuhkan," kata Refgy.

Terpisah, dalam siaran persnya di Beijing, Jumat (16/4/2020), Mofcom berjanji tidak akan membatasi ekspor berbagai alat kebutuhan untuk penanganan pandemi Covid-19.

"Sambil memastikan jaminan kualitas barang, kami akan berupaya mempercepat prosedur kepabeanan," demikian juru bicara Mofcom Gao Feng.

Sebelumnya Mofcom mengeluarkan daftar 20 produsen alkes China yang mendapatkan jaminan mutu ekspor.

Kebijakan tersebut sebagai bentuk tanggung jawab atas kualitas alkes dari China untuk penanganan pandemi Covid-19 yang sempat dipermasalahkan beberapa negara di Eropa.

Mofcom mengeluarkan berbagai kebijakan untuk menjamin kualitas ekspor alkes melalui kerja sama dengan kementerian atau departemen lain, terutama untuk menindak tegas upaya pemalsuan produk.

Dalam memperketat kontrol kualitas produk, pemerintah China juga mewajibkan eksportir alkes, seperti alat uji Covid-19, masker, APD, ventilator, dan termometer, melampirkan dokumen tambahan kepada petugas bea cukai.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

impor alat kesehatan

Sumber : Antara

Editor : Yustinus Andri DP
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top