Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Terminal Kampung Rambutan Tutup Layanan Bus AKAP

Made juga mencatat adanya penurunan jumlah penumpang 60-70 persen bila dibandingkan hari normal.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 30 Maret 2020  |  15:34 WIB
Bus Antar Kota Antar Provinsi menunggu penumpang di Terminal Kampung Rambutan. Bisnis - Nurul Hidayat
Bus Antar Kota Antar Provinsi menunggu penumpang di Terminal Kampung Rambutan. Bisnis - Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - Terminal Kampung Rambutan Jakarta Timur resmi telah menghentikan layanan bus antar kota antar provinsi (AKAP) dalam rangka pencegahan wabah virus corona atau Covid-19.

Kepala Terminal Kampung Rambutan Made Jhoni mengatakan kebijakan tersebut sesuai dengan surat edaran Dinas Perhubungan DKI Jakarta nomor 1588/-I.819.611 terkait Penghentian Layanan Bus AKAP, Antar Jemput Antar Provinsi (AJAP) dan Pariwisata yang ditandatangani Kadishub DKI Syafrin Liputo.

"Ditutup untuk layanan AKAP sampai dengan waktu yang diinfokan selanjutnya," ujar Made, Senin (30/3/2020).

Made juga mencatat adanya penurunan jumlah penumpang 60-70 persen bila dibandingkan hari normal. Situasi Terminal Kampung Rambutan pada Senin siang masih sepi dari aktivitas penumpang.

Guna mengantisipasi keberangkatan maupun kedatangan penumpang, pihaknya bekerja sama dengan pihak kepolisian melakukan pengawasan di lapangan.

Dalam surat tersebut tercantum lima arahan terkait mitigasi COVID-19 yang wajib diterapkan di seluruh terminal bus di Jakarta. Arahan yang dimaksud di antaranya menghentikan operasional layanan semua bus AKAP, antar jemput antar provinsi (AJAP) dan bus pariwisata.

AKAP dan AJAP yang stop operasinya adalah yang memiliki trayek asal-tujuannya Provinsi DKI Jakarta. Adapun, bus pariwisata yang distop beroperasi berdomisili di wilayah DKI Jakarta.

Selanjutnya adalah penghentian operasional layanan bus di dalam terminal maupun lokasi lainnya di wilayah Kota Jakarta. Ketentuan itu berlaku sejak tanggal 30 Maret 2020 Pukul 18.00 WIB.

"Iya benar seperti surat demikian. Mulai jam 18.00 WIB dari terminal juga sudah tidak ada penurunan dan keberangkatan penumpang," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kemenhub Virus Corona

Sumber : Antara

Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top