Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Wisma Atlet Jakabaring Jadi Lokasi Karantina Virus Corona, PLN Jamin Listrik

Sejauh ini baru satu tower Wisma Atlet Jakabaring yang akan digunakan sebagai tempat karantina. Pun demikian, PLN tetap akan menjamin pasokan listrik. Sejauh ini ada empat jalur distribusi listrik ke venue itu.
Yanita Petriella
Yanita Petriella - Bisnis.com 28 Maret 2020  |  18:18 WIB
Petugas memasang kabel tegangan tinggi di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (21/3/2020). Bisnis - Dedi Gunawan
Petugas memasang kabel tegangan tinggi di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (21/3/2020). Bisnis - Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA – PLN memastikan listrik untuk memasok Wisma Atlet Jakabaring, Palembang, dalam kondisi siap dan aman. Hal ini menyusul rencana Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan yang tengah menyiapkan venue tersebut sebagai lokasi karantina bagi kategori Orang Dalam Pemantauan (ODP) virus Corona (Covid-19), mulai senin (30/3/2020).

Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru, saat meninjau langsung salah satu tower Wisma Atlet Jakabaring menyampaikan bahwa pada tahap pertama, hanya satu tower yang akan digunakan sebagai lokasi karantina. Tower tersebut memiliki total 340 kamar dan daya tampung 1.000 orang.

Kedepannya, tower 6 dan 7 juga akan disiapkan sebagai rumah sakit khusus menangani Pasien Dalam Pengawasan (PDP) virus Corona.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Sumatra Selatan, Jambi dan Bengkulu, (S2JB), Daryono mengatakan PLN berkomitmen untuk mendukung upaya pemerintah dalam menangani penyebaran wabah virus Corona dengan menyediakan pasokan listrik yang andal.

“Seluruh upaya yang akan dilakukan tentu akan kami dukung, khususnya dari sisi pasokan listrik. Untuk Wisma Atlet Jakabaring ini kami jamin listriknya,” ujarnya dalam siaran pers, Sabtu (28/3/2020).

Daryono menambahkan bahwa Wisma Atlet Jakabaring merupakan salah satu fasilitas umum prioritas. Pasokan listrik untuk lokasi tersebut telah disuplai melalui 4 penyulang atau jalur, sehingga apabila sumber listrik utama mengalami gangguan maka langsung dipindahkan ke sumber listrik cadangan.

"Wisma Atlet Jakabaring ini bisa dikatakan tidak pernah padam karena mempunyai empat suplai kelistrikan,” ucapnya.

Selama masa siaga virus Corona, PLN UIW S2JB juga menyiagakan 2.677 petugas teknik yang tersebar di 44 unit layanan untuk menjaga pasokan listrik. Selain itu, PLN juga memantau khusus pasokan listrik empat rumah sakit rujukan pasien Covid-19 di Sumatera Selatan yaitu RS Mohammad Husein Palembang, RSUD Kota Lubuklinggau, RSUD Kayu Agung, dan RSU Lahat.

Selama masa siaga Covid-19 ini, petugas PLN juga telah dibekali dengan Alat Pelindung Diri (APD) termasuk masker, sarung tangan dan hand sanitizer. Petugas juga bekerja dengan menjaga social distancing. Pengaturan jarak antar petugas dan juga dengan orang lain di lapangan diterapkan oleh petugas PLN saat menjalankan tugasnya.

"Kami berharap bahwa kesiapan PLN ini bisa mendukung upaya pemerintah dalam memerangi penyebaran Covid-19, mudah-mudahan kita semua bisa melewatinya dengan baik dan selamat," kata Dayono.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

PLN Virus Corona
Editor : Andya Dhyaksa
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top