Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Nikken Sekkei dan AECOM Ikut Jadi Konsultan Pembangunan Ibu Kota Baru

Nikken Sekkei Ltd. adalah perusahaan bawaan Softbank Group Corp.
Muhammad Khadafi
Muhammad Khadafi - Bisnis.com 29 Februari 2020  |  07:13 WIB
Konsep Ibu Kota Negara. - Antara
Konsep Ibu Kota Negara. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemerintah telah menetapkan ada tiga konsultan asing yang terlibat dalam pembangunan ibu kota negara baru. Selain McKinsey & Company, Nikken Sekkei Ltd. dari Jepang dan AECOM dari Amerika Serikat akan turut serta.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa McKinsey merupakan perusahaan yang telah dipilih oleh Kementerian Perencanaan dan Pembangunan Nasional.

Sementara itu, Nikken Sekkei Ltd. adalah perusahaan bawaan Softbank Group Corp. "Mereka sudah punya pengalaman mebuat kota besar dan dengan begitu kota ini betul-betul detail desain dilakukan oleh international consultant," kata Luhut di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (28/2/2020).

Kendati demikian, Luhut memastikan pemenang lomba desain ibu kota baru dari Tanah Air akan diikutsertakan. Seperti diketahui, pemerintah pada tahun lalu menggelar lomba desain ibu kota negara baru yang dimenangkan oleh Sofian Sibarani.

Adapun Nikken ikut menjadi konsultan seiring dengan komitmen investasi Softbank. Usai Founder dan CEO Softbank Masayoshi Son bertemu dengan Presiden Joko Widodo, Siftbank hampir dapat dipastikan akan menyuntik dana yang akan mencukupi kebutuhan pembangunan ibu kota negara baru.

Berdasarkan situs resmi Nikken Sekkei, perusahaan ini ikut andil dalam sejumlah proyek pembangunan landmark di Jepang. Konsultan ini juga meninggalkan jejak di Rusia, China, dan Vietnam.

Baca Juga : Harga Emas Hari Ini

Masayoshi mengatakan bahwa ibu kota negara baru Indonesia akan menjadi ibu kota di abad 21 yang memiliki banyak teknologi, seperti kecerdasan buatan dan internet of things. Selain itu pembangunan juga akan memerhatikan lingkungan sehingga masyarakat di dalamnya dapat bermukim dengan aman dan nyaman.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Ibu Kota Dipindah
Editor : M. Taufikul Basari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top