Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nikken Sekkei dan AECOM Ikut Jadi Konsultan Pembangunan Ibu Kota Baru

Nikken Sekkei Ltd. adalah perusahaan bawaan Softbank Group Corp.
Konsep Ibu Kota Negara./Antara
Konsep Ibu Kota Negara./Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemerintah telah menetapkan ada tiga konsultan asing yang terlibat dalam pembangunan ibu kota negara baru. Selain McKinsey & Company, Nikken Sekkei Ltd. dari Jepang dan AECOM dari Amerika Serikat akan turut serta.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa McKinsey merupakan perusahaan yang telah dipilih oleh Kementerian Perencanaan dan Pembangunan Nasional.

Sementara itu, Nikken Sekkei Ltd. adalah perusahaan bawaan Softbank Group Corp. "Mereka sudah punya pengalaman mebuat kota besar dan dengan begitu kota ini betul-betul detail desain dilakukan oleh international consultant," kata Luhut di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (28/2/2020).

Kendati demikian, Luhut memastikan pemenang lomba desain ibu kota baru dari Tanah Air akan diikutsertakan. Seperti diketahui, pemerintah pada tahun lalu menggelar lomba desain ibu kota negara baru yang dimenangkan oleh Sofian Sibarani.

Adapun Nikken ikut menjadi konsultan seiring dengan komitmen investasi Softbank. Usai Founder dan CEO Softbank Masayoshi Son bertemu dengan Presiden Joko Widodo, Siftbank hampir dapat dipastikan akan menyuntik dana yang akan mencukupi kebutuhan pembangunan ibu kota negara baru.

Berdasarkan situs resmi Nikken Sekkei, perusahaan ini ikut andil dalam sejumlah proyek pembangunan landmark di Jepang. Konsultan ini juga meninggalkan jejak di Rusia, China, dan Vietnam.

Masayoshi mengatakan bahwa ibu kota negara baru Indonesia akan menjadi ibu kota di abad 21 yang memiliki banyak teknologi, seperti kecerdasan buatan dan internet of things. Selain itu pembangunan juga akan memerhatikan lingkungan sehingga masyarakat di dalamnya dapat bermukim dengan aman dan nyaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper