Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gandeng Login ID, ASLI Kembangkan Teknologi Biometrik untuk Keamanan Transaksi Keuangan

Sebanyak 80% kasus pembajakan akun disebabkan oleh lemahnya password dan 30% transaksi online gagal karena konsumen lupa dengan password yang dimilikinya.
Stefanus Arief Setiaji
Stefanus Arief Setiaji - Bisnis.com 27 Februari 2020  |  13:44 WIB

Bisnis.com, JAKARTA — PT Asli Rancangan Indonesia, perusahaan yang bergerak di bidang industri keamanan berbasis biometrik dari Indonesia menggandeng Login ID perusahaan yang berbasis di Sillicon Valley untuk mengembangkan Asli Login ID.

Asli Login ID nantinya mengembangkan satu platform identifikasi dengan teknologi Biometric-Authentication-as-a Service yang menggantikan penggunaan password dengan data biometrik diri untuk meningkatkan keamanan akun pribadi dalam layanan online kepada konsumen.

CEO Asli Rancangan Indonesia (ASLI) Irjen Pol (Purn) Arief Dharmawan mengatakan bahwa perkembangan teknologi, khususnya layanan keuangan berbasis online membuat penyedia layanan meningkatkan keamanan untuk kenyamanan konsumen.

“Kami percaya Asli Login ID tidak hanya meningkatkan keamanan, tapi juga kenyamanan beraktivitas online,”ujarnya dikutip dari keterangan resminya, Kamis (27/2/2020).

Dari Data Breach Investigation Report 2017, sebanyak 80% kasus pembajakan akun disebabkan oleh lemahnya password dan 30% transaksi online gagal karena konsumen lupa dengan password yang dimilikinya.

Dia menjelaskan Asli Login ID hadir dengan produk bersertifikasi FIDO2 Server yang menggunakan model keamanan berbasis kriptografi, dan  telah memenuhi standar open banking Eropa, PSD2, dan The European GDPR (EU-GDPR) yang masing-masing adalah regulasi privasi data yang paling ketat saat ini.

Fitur itumengikat data biometrik user ke perangkat yang dimiliki dan bekerja secara langsung tanpa perlu menambahkan hardware atau mengunduh software khusus.

Dia menjelaskan bahwa produk Asli Login ID sudah diimplementasikan di beberapa instansi penegak hukum dan pemerintah seperti Badan Intelijen Negara (BIN), Badan Narkotika Nasional (BNN), dan Polri dengan standar keamanan yang tinggi.

Komisatis Asli Rancangan Indonesia Robert Rompas menyatakan pengembangan yang dilakukan merupakan bagian dari langkah antisipasi, terutama sejalan dengan rencana pengesahan RUU tentang  Perlindungan Data Pribadi.

“Produk kami ini, diharapkan menjadi langkah yang berkorelasi dengan RUU PDP tersebut,” katanya.

Dia menuturkan di era serba digital, penggunaan media sosial semakin tinggi dan layanan keuangan bagi pengguna semakin mudah didapatkan.

Sementara itu, CEO dan Founder Login ID Simon Law menyatakan kerja sama dengan perusahaan Indonesia bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan bagi pengguna layanan keuangan nantinya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

keuangan biometrik
Editor : Stefanus Arief Setiaji
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top