Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Dampak Virus Corona, Angkasa Pura II Kehilangan 143 Penerbangan per Pekan

Bandara perseroan yang melayani penerbangan reguler atau berjadwal ke China hanya di Soekarno-Hatta Tangerang berkode CGK.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 05 Februari 2020  |  13:36 WIB
Karyawan menggunakan masker saat beraktivitas di Terminal 3 Keberangkatan Internasional, Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Senin (27/1/2020). Bisnis - Himawan L Nugraha
Karyawan menggunakan masker saat beraktivitas di Terminal 3 Keberangkatan Internasional, Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Senin (27/1/2020). Bisnis - Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - PT Angkasa Pura II (Persero) kehilangan 143 pergerakan pesawat per pekan sebagai dampak penundaan penerbangan dari dan ke China untuk mencegah penyebaran virus Corona ke Tanah Air.

Direktur Utama Angkasa Pura (AP) II Muhammad Awaluddin mengatakan bandara perseroan yang melayani penerbangan reguler atau berjadwal ke China hanya di Soekarno-Hatta Tangerang yang memiliki kode CGK.

"Bandara Soekarno-Hatta untuk sementara waktu juga menunda layanan penerbangan dari Jakarta ke sejumlah kota di China. Total sebanyak 143 pergerakan pesawat per minggu yang melayani rute-rute itu," kata Awaluddin, Rabu (5/2/2020).

Dia menambahkan ada sekitar 16-20 slot penerbangan per hari yang idle karena penerbangan dari dan ke China ditutup sementara. Maskapai yang melayani penerbangan dari dan ke China adalah Air China, China Southern, Garuda Indonesia, Batik Air, Lion Air, Xiamen, China Eastern, Sriwijaya Air, dan Federal Express.

Saat ini, lanjutnya, terdapat 16 izin rute penerbangan dari Soekarno-Hatta ke China dan sebaliknya. Izin rute tersebut adalah untuk melayani penerbangan dari dan ke Beijing, Guangzhou Baiyun, Shenzhen Bao’an, Shanghai Pudong, Kunming, Nanning, Haikou Meilan, Fuzhou Changle, dan Xiamen Gaoqi.

Awaluddin telah mempersiapkan hal ini dengan seluruh pemangku kepentingan, terutama seluruh maskapai yang melayani penerbangan rute Jakarta-China dan sebaliknya. Diharapkan penghentian penerbangan sementara waktu ini dapat dipahami oleh seluruh pihak.

Pihaknya mengaku telah mengoperasionalkan thermal scanner dan dilakukan surveillance syndrome di CGK guna mengidentifikasi apabila ada penumpang pesawat yang terjangkit virus Corona.

Berikut enam penerbangan terakhir penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta dari dan ke China, pada 4 Februari 2020:

Kedatangan:
1. China Southern CZ0387 rute Guangzhou - Jakarta (ETA 21.25 WIB)
2. China Eastern MU5069 rute Shanghai - Jakarta (ETA 21.45 WIB)
3. Air China CA0977 rute Beijing - Jakarta (ETA 21.15 WIB)

Keberangkatan:
1. China Southern CZ0388A rute Jakarta - Guangzhou (ETD 23.00 WIB)
2. China Eastern MU5070 rute Jakarta - Shanghai (ETD 23.00 WIB)
3. Air China CA0978 rute Jakarta - Beijing ( ETD 23.45 WIB)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

angkasa pura ii virus corona
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top