Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AP II Fokus di 3 Bandara untuk Tangkal Virus Corona, Mana Saja?

Khusus Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng ada 34 kali pergerakan pesawat per hari menuju China dengan jumlah penumpang rata-rata 5.000 orang per hari.
Calon penumpang menunggu keberangkatan di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta Tangerang, Banten, Minggu (24/6/2018). Penumpang selama arus mudik dan balik di Bandara Soeta mencapai 3 juta penumpang selama H-8 sampai H+6 Hari Raya Idul Fitri atau naik  5,82% dari tahun lalu./Bisnis-Felix Jody Kinarwan
Calon penumpang menunggu keberangkatan di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta Tangerang, Banten, Minggu (24/6/2018). Penumpang selama arus mudik dan balik di Bandara Soeta mencapai 3 juta penumpang selama H-8 sampai H+6 Hari Raya Idul Fitri atau naik 5,82% dari tahun lalu./Bisnis-Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Angkasa Pura II fokus pada tiga bandara dari total 19 bandara yang dikelola perseroan terkait dengan pencegahan virus corona di Indonesia.

Direktur Utama Angkasa Pura (AP) II Muhammad Awaluddin mengatakan ketiga bandara tersebut adalah Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng, Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta, dan Bandara Kuala Namu Medan.

"Saat ini, antisipasi virus corona memang untuk semua bandara, tetapi prioritas kami pada tiga bandara tadi," katanya dalam Rakor Upaya Preventif Penularan Virus Corona di Jakarta, Senin (27/1/2020).

Khusus Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng, lanjutnya, pergerakan pesawat menuju China mencapai 34 kali per hari. Adapun, jumlah penumpang rata-rata 5.000 orang per hari.

Dia memastikan bandara yang dikelola AP II tidak ada yang memiliki rute penerbangan langsung ke Wuhan, China. Namun, ada 13 destinasi penerbangan baik berjadwal, tidak terjadwal, maupun jet pribadi ke sejumlah kota di China yang juga diwaspadai.

Sampai saat ini, AP II telah melakukan koordinasi yang ketat dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) terkait dengan setiap laporan 19 bandara. Thermal scanner guna mendeteksi suhu tubuh penumpang pesawat juga sudah dipasang di setiap bandara dilengkapi dengan petugas.

Selanjutnya, koordinasi dengan Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan mengenai adanya instruksi penutupan rute penerbangan. Terakhir, melakukan sosialisasi pihak internal untuk menggunakan masker saat bertugas di bandara internasional. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Hendra Wibawa
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper