Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Strategi Brantas Abipraya Mempercepat Pekerjaan Konstruksi

Brantas Abipraya menerapkan sistem BIM untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 05 Februari 2020  |  17:06 WIB

Bisnis.com, JAKARTA — PT Brantas Abipraya (Persero) mulai menerapkan sistem Building Information Management (BIM) sejak masa tender hingga pelaksanaan proyek untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas, khususnya dalam pengerjaan konstruksi.

Manager Teknologi dan Inovasi Departemen Pengembangan Bisnis Brantas Abipraya Aminudin Azis mengatakan bahwa pihaknya telah membentuk tim BIM Task Force di Divisi Operasi 1, 2 dan 3 untuk mengimplementasikan sistem tersebut.

Azis juga memastikan bahwa BIM nantinya bisa diterapkan di seluruh proyek Abipraya. BIM sendiri merupakan sistem aplikasi digital yang menggabungkan desain bagunan dengan data atau informasi teknis.

“Tahun ini kami mulai fokus menerapkan BIM untuk digunakan sejak masa tender, hingga ke pelaksanaan, dengan konsep lean construction untuk mempersingkat waktu pengerjaan proyek. Sehingga lebih efisien dan produktif,” ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (5/2/2020).

Menurutnya, pada proses tender, tim yang dibentuk telah disiapkan dari sisi kemampuan dan peralatan untuk mengawal prosesnya. Adapun, untuk implementasinya, tim pelaksana tugas akan membagi pengetahuan terkait BIM kepada tim proyek melalui pendampingan pada masa awal proyek.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan metode tersebut difokuskan untuk menghilangkan aktivitas yang tidak memiliki nilai tambah atau dianggap sebagai pemborosan dan kerugian.

Sebaliknya, penerapan metode itu akan memberi efek positif pada ketepatan waktu penyelesaian, kualitas, dan biaya operasional yang dikeluarkan. Upaya digitalisasi pada proses bisnis sejak perencanaan hingga pelakasanaan, imbuhnya, diselaraskan dengan best practice sesuai dengan standar internasional.

Azis menyebutkan beberapa proyek baru Abipraya yang sudah menggunakan BIM yaitu proyek rumah susun Ujung Menteng, proyek gedung kantor LPPNI Airnav, proyek Rusun Cakung Cilincing, CY Banjarmasin, Jembatan S. Rahabangga, dan Jembatan S. Asera.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

brantas abipraya infrastruktur jasa konstruksi
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top