China Respons Negatif Keputusan RI Terkait Kebijakan Impor

Kebijakan Indonesia melakukan pembatasn impor di dari China akan berdampak negatif bagi hubungan kedua negara.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 04 Februari 2020  |  17:40 WIB
China Respons Negatif Keputusan RI Terkait Kebijakan Impor
Pedagang menata jeruk impor yang dijual di kawasan Glodok, Jakarta Barat, Senin (27/1/2020). Kementerian Pertanian akan memperketat pintu masuk impor beberapa jenis makanan termasuk buah-buahan dari daerah atau negara tertentu yang kemungkinan terkontaminasi virus corona sebagai upaya pencegahan penyebaran virus tersebut. - ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Bisnis.com, JAKARTA – Keputusan Pemerintah RI menyetop impor sejumlah produk dari China pascamerebaknya virus corona, mendapatkan respons dari Kedubes China untuk Indonesia.

Duta Besar China Untuk Indonesia Xiao Qian mengatakan kebijakan Indonesia di bidang perdagangan itu akan berdampak negatif bagi hubungan kedua negara. Dia pun mengaku prihatin dengan rencana pemerintah Indonesia tersebut.

 “Tindakan itu [penghentian impor] akan merugikan hubungan dagang antara kedua negara dan juga akan memberikan dampak negatif kepada hubungan kedua negara,” kata Duta Besar China untuk Indonesia, Xiao Qian, seperti dikutip dari Antara, Selasa (4/2/2020).

Dia pun menegaskan bahwa hingga saati ini belum ada bukti bahwa virus corona dapat ditularkan melalui barang-barang impor dari China. Dia juga menyebutkan bahwa Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus telah meminta berbagai negara di dunia tidak melakukan intervensi perdagangan dan perjalanan internasional guna merespons merebaknya virus corona.

“Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sudah menyatakan bahwa mereka tidak setuju terhadap tindakan pembatasan perdagangan ke arah China,” kata Xiao, merujuk pada pernyataan

Oleh sebab itu, Xiao berharap agar Indonesia dapat menimbang saran dari WHO dan tidak mengambil tindakan yang dianggap dapat memberikan dampak negatif bagi hubungan kedua negara. Dia pun meminta agar indonesia melakukan tindakan pencegahan yang rasional, agar mengindarkan dari gangguan hubungan dagang.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, pemerintah Indonesia berencana menghentikan sementara impor dari China terkait beberapa produk yang berpotensi membawa virus corona.

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengatakan detail dari rencana tersebut baru akan diputuskan setelah dilakukan rapat bersama dengan berbagai kementerian, karena tidak semua produk impor berpotensi membawa virus tersebut.

Dia mengatakan produk-produk yang berpotensi dilarang untuk diimpor antara lain adalah hewan hidup.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
impor, china, virus corona

Sumber : Antara

Editor : Yustinus Andri DP
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top