Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jokowi Meresmikan Proyek Underpass Terpanjang di Indonesia

Jalan bawah tanah Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kabupaten Kulonprogo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo.
Agne Yasa
Agne Yasa - Bisnis.com 31 Januari 2020  |  15:18 WIB
Presiden Jokowi meresmikan underpass Bandara International Yogyakarta di Kabupaten Kulonprogo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat (31/1/2020) - Bisnis/Agne Yasa
Presiden Jokowi meresmikan underpass Bandara International Yogyakarta di Kabupaten Kulonprogo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat (31/1/2020) - Bisnis/Agne Yasa

Bisnis.com, KULONPROGO — Jalan bawah tanah Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kabupaten Kulonprogo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo.

"Bismillahirahmanirahim, dengan memohon Rahmat Tuhan Yang Maha Esa dengan ini saya resmikan terowongan underpass Yogyakarta International Airport, terima kasih," kata Presiden Joko Widodo, Jumat (31/1/2020). 

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan underpass YIA masing-masing memiliki dua terowongan sepanjang 1,3 km dengan lebar 7,25 meter. 

"Ini merupakan underpass atau  terowongan terpanjang di Indonesia, dengan kami lengkapi juga dengan yang biasanya ada, dengan suara peringatan untuk tetap berhati-hati, nyalakan lampu dan kecepatan 40 km/jam," katanya. 

 Infrastruktur ini, imbuhnya, juga mendapatkan sertifikat rekor dari MURI sebagai jalan bawah tanah terpanjang di Indonesia. 

"Dengan underpass ini maka jalan Pansela yang di atasnya ada runway tetap bisa berfungsi," ujarnya. 

Sebagai informasi, underpass YIA berada persis di bawah Bandara Internasional Yogyakarta. Jalan tersebut dibangun karena konstruksi bandara yang baru itu sempat memutus jalur Pantai Selatan Jawa (Pansela).

Oleh sebab itu, Kementerian PUPR membangun jalan bawah tanah tersebut dengan tujuan sistem jaringan Pansela ini tetap masih ada.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi infrastruktur underpass Kementerian PUPR
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top