Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bisnis Hotel di Bali Ikut Terdampak Virus Corona

Di Indonesia, mewabahnya virus corona ikut membawa kerugian, salah satunya ialah PT Hotel Indonesia Natour (Persero) yang menjalankan bisnis hotel di Bali. 
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 30 Januari 2020  |  12:02 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Virus corona yang masih mewabah di China dan meluas ke beberapa negara turut mempengaruhi kinerja berbagai sektor industri, termasuk sektor perhotelan.

Di Indonesia, mewabahnya virus tersebut ikut membawa kerugian, salah satunya ialah PT Hotel Indonesia Natour (Persero) yang menjalankan bisnis hotel di Bali. 

Bisnis hotel yang dijalankan perusahaan berpelat merah itu turut terdampak mengingat banyaknya turis Bali yang berasal dari China.

Direktur Utama PT Hotel Indonesia Natour (HIN) Iswandi Said mengatakan mewabahnya virus corona membuat sejumlah pesanan dari wisatawan asal China dibatalkan. Terlebih karena penerbangan dari dan menuju Wuhan yang masih dihentikan.

"Untuk yang sudah ada di hotel tidak melakukan pembatalan, tetapi untuk yang booking ke depan banyak yang membatalkan," ungkapnya di sela-sela acara Ngobrol Pagi BUMN di Jakarta, Kamis (30/1).

Iswandi menyebut, di seluruh jaringan hotelnya di Bali sudah ada pembatalan sebanyak 109 kamar dengan rata-rata harga Rp1 juta per malam.  

"Harapannya tidak berdampak ke wisman Eropa atau Australia," imbuhnya.

Sebagai upaya pencegahan, HIN melakukan langkah dengan menyediakan tim bantuan (help desk) agar para tamu bisa mendapatkan informasi jika memiliki keluhan sakit. Selain itu, hotel juga menyediakan masker gratis untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi tamu lainnya. 

"Kita tidak bisa garansi tamu kita tidak ada yang kena, tetapi yang jelas kalau masuk Bali pasti sudah dicek di bandara, jadi harapannya sudah aman. Di hotel juga sudah ada klinik dan dokter yang siaga," ungkapnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bali perhotelan virus corona
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top