Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Presiden Harapkan Terminal 4 Bandara Soekarno-Hatta Selesai 2022

Presiden Joko Widodo berharap pelayanan dan pergerakan pesawat menjadi semakin meningkat dengan diresmikannya runway 3 di Bandara Internasional Soekarno Hatta. Terminal 4 pun diharapkan siap beroperasi pada 2022 atau paling lambat 2023.
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 23 Januari 2020  |  21:43 WIB
Presiden Joko Widodo meresmikan Runway 3, East Connection Taxiway, dan Terminal 3 Gedung VIP di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Kamis (23/1/2020). - Bisnis/Amanda Kusumawardhani
Presiden Joko Widodo meresmikan Runway 3, East Connection Taxiway, dan Terminal 3 Gedung VIP di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Kamis (23/1/2020). - Bisnis/Amanda Kusumawardhani

Bisnis.com, TANGERANG - Presiden Joko Widodo berharap pelayanan dan pergerakan pesawat menjadi semakin meningkat dengan diresmikannya runway 3 di Bandara Internasional Soekarno Hatta. Terminal 4 pun diharapkan siap beroperasi pada 2022 atau paling lambat 2023.

Selain meresmikan runway 3, Presiden Jokowi juga meresmikan east connection taxiway dan fasilitas VVIP di Bandara Soekarno Hatta, Kamis (23/1/2020).

"Kemudian pengaturan manajemen untuk datang dan pergi, take off dan landing-nya juga akan berkapasitas lebih banyak, sehingga ini yang kita harapkan," katanya.

Jokowi pun bercerita bahwa west connection taxiway dibangun pada 1985 sedangkan east connection taxiway baru selesai dibangun pada tahun ini.

"Udah berapa tahun itu, 35 tahun baru dibangun. Harusnya kalau west-nya sudah dibangun, east-nya juga dibangun sehingga tidak muter," ujarnya.

Jokowi menambahkan pergerakan penumpang terus menunjukkan pertambahan dari tahun ke tahun sehingga PT Angkasa Pura II (Persero) perlu segera mempersiapkan pembangunan terminal 4.

"Diharapkan 2022 atau paling lambat awal 2023 udah kita punya terminal yang keempat," jelas Jokowi.

Saat ini Bandara memiliki tiga landas pacu yaitu Runway 1 yang terletak di Selatan serta Runway 2 sedangkan Runway 3 di Utara.

Landasan pacu ke-3 Bandara Internasional Soekarno Hatta yang sudah beroperasi sejak akhir tahun lalu dibangun untuk meningkatkan kapasitas pergerakan pesawat yang sudah sangat tinggi di bandara tersebut.

Dengan adanya Runway ke-3 yang berukuran 3000 x 60 meter ini, pergerakan pesawat di Bandara Internasional Soekarno Hatta tercatat meningkat  dari 81 menjadi 114 pergerakan pesawat per jam, baik lepas landas maupun pendaratan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi bandara soekarno-hatta
Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper

BisnisRegional

To top