Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PLN Operasikan PLTS Sambelia di Lombok Utara

PLN mengoperasikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Sambelia untuk menambah kapasitas listrik di Lombok Utara.
Ilustrasi - Pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur./Antara-Kornelis Kaha
Ilustrasi - Pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur./Antara-Kornelis Kaha

Bisnis.com, JAKARTA - PLN mengoperasikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Sambelia untuk menambah kapasitas listrik di Lombok Utara.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) Rudi Purnomoloka mengatakan Pengoperasian PLTS Sambelia ini merupakan salah satu wujud komitmen PLN terhadap pengembangan Energi Baru Terbarukan (EBT).

“Kami terus berkomitmen mengembangkan pemanfaatan EBT di NTB. Rencana jangka panjang, masih akan ada beberapa titik yang akan kita eksplorasi lagi,” ujar Rudi dalam siaran pers, Sabtu (18/1/2020).

Rudi menjelaskan bahwa pembangunan PLTS Sambelia telah dimulai sejak Agustus 2017 dan mulai beroperasi pada akhir Desember 2019.

Selain ramah lingkungan, PLTS ini juga berdampak pada efisiensi produksi listrik karena dapat mengurangi penggunaan bahan bakar minyak untuk pembangkit di NTB.

Menurutnya, PLTS jauh lebih efisien terhadap biaya produksi yang dikeluarkan. Dia menjelaskan selisihnya sekitar Rp900/kWH terhadap pembangkit yang menggunakan solar.

“Meski lebih murah, ini tidak akan mempengaruhi mutu dan kualitas layanan kami kepada masyarakat,” ucapnya.

Pengoperasian PLTS ini, imbuhnya, juga memberikan kontribusi positif terhadap bauran energi di NTB. Pasalnya, pada Juni 2019 PLTS hanya memberikan kontribusi sebesar 0,1 persen terhadap bauran energi di NTB. Namun, pada akhir 2019, kontribusinya meningkat menjadi 2,8 persen. 

Secara keseluruhan, PLN telah mengoperasikan tujuh PLTS tersebar di Pulau Lombok, yaitu di Gili Trawangan, Gili Air, Gili Meno, Sengkol, Selong, Pringgabaya dan juga Sambelia. Ketujuh PLTS tersebut mampu menyuplai sebesar 8,5 persen dari daya mampu total pada siang hari untuk sistem Lombok yang mencapai 233 MW. 

Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi NTB  Muhammad Husni menyampaikan apresiasinya atas beroperasinya PLTS Sambelia tersebut.

“Ini menunjukkan komitmen PLN untuk terus berupaya mewujudkan kebijakan pemerintah, baik pusat maupun NTB terkait peningkatan kontribusi EBT dalam pemenuhan kebutuhan energi khususnya energi listrik. Saya berharap agar ke depan akan terus diupayakan peningkatan kontribusi dimaksud, sehingga target kontribusi EBT sebesar 23 persen pada 2025 bisa diwujudkan," ujarnya.

PLTS Sambelia ini nantinya juga akan memasok listrik untuk Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika dan gelaran akbar MotoGP yang akan berlangsung di Mandalika pada 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper