Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

BI : Penjualan Eceran Desember 2019 Berpotensi Turun

Dilansir dari Survei Penjualan Eceran November 2019 milik Bank Indonesia, pada November penjualan eceran masih melambat dibandingkan dengan penjualan pada bulan sebelumnya.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 13 Januari 2020  |  10:20 WIB
Pedahang tengah melayani pembeli. - Antara
Pedahang tengah melayani pembeli. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Bank Indonesia memprediksi penjualan eceran Desember 2019 masih akan mencatatkan penurunan meski ekspektasi konsumen masih terjaga.

Dilansir dari Survei Penjualan Eceran November 2019 milik Bank Indonesia, pada November penjualan eceran masih melambat dibandingkan dengan penjualan pada bulan sebelumnya.

Hal ini tecermin dari Indeks Penjualan Riil (IPR) November 2019 yang tumbuh 1,3% (yoy), lebih rendah dibandingkan dengan IPR Oktober 2019 sebesar 3,6% (yoy).

Sementara itu, pada Desember 2019, Bank Indonesia memprediksi akan mengalami penurunan.

Pasalnya, IPR Desember 2019 sebesar 235,9 atau tumbuh terkontraksi -0,2% (yoy), turun 1,3% (yoy) pada November 2019.

Adapun penurunan ini bersumber dari komoditas barang budaya dan rekreasi yang tercatat mengalami kontraksi -17,0% (yoy), lebih dalam dari -12,0% (yoy) pada November 2019.

"Secara bulanan, penjualan eceran Desember 2019 diindikasi tumbuh meningkat dari bulan sebelumnya sejalan dengan meningkatnya permintaan pada Natal dan Tahun Baru," tulis Bank Indonesia, Minggu (12/1/2020).

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengakui bahwa survei eceran pada Desember ada kontraksi. Dia memerinci kondisi tersebut terlihat secara month-to-month (mtm).

"Tetapi kalau dilihat dari tren baik survei ekspektasi konsumen, maupun penjualan eceran menunjukkan kenaikan," kata Perry.

Hal ini terlihat bahwa dari Indeks Ekspektasi ke depannya masih ada kenaikan sehingga menunjukkan persepsi konsumen maupun produsen akan alami peningkatan alias perbaikan.

"Hal itu dilihat buka. bulannya, tapi tren pembaikan," tutur Perry.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

penjualan eceran
Editor : Achmad Aris
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top