Achievement Motivation BPH Migas, Pemimpin Harus Berani dan Berjuang Bersama

Pada kuliah Achievement Motivation untuk pegawai Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi menjelaskan konsep Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia yang dicanangkan Presiden Jokowi sebagai agenda pembangunan yang difokuskan pada lima pilar utama.

Bisnis.com, JAKARTA -- Laksamana TNI (Purn) Prof. Dr. Marsetio, Kepala Staf TNI Angkatan Laut periode 2012 hingga 2015 yang juga menjadi Guru Besar Ilmu Pertahanan di Universitas Pertahanan menjadi pembicara utama pada Achievement Motivation ke -24 untuk pegawai Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) di Jakarta Ruang Sarulla Sekretariat Jenderal Kementerian ESDM, Selasa (17/12/2019).

Acara Achievement Motivation dibuka oleh Kepala BPH Migas, M Fanshurullah Asa yang meraih penghargaan Wibawa Seroja Nugraha sebagai peserta terbaik dalam Program Pendidikan Reguler Angkatan 44 (PPRA XLIV) tahun 2010.

Pada acara yang dikemas untuk meningkatkan motivasi pegawai ini, Laksamana TNI (Purn) Prof. Dr. Marsetio membawakan presentasi bertema “Mencari Pemimpin Nusantara”. Kepada puluhan pegawai BPH Migas, Prof. Dr. Marsetio memparkan karakter pemimpin Indonesia yang berwawasan nusantara dan maritim.

Achievement Motivation BPH Migas, Pemimpin Harus Berani dan Berjuang Bersama

“Pemimpin Indonesia memiliki totalitas memperjuangkan kepentingan negara dan bangsa diatas kepentingan pribadi, kelompok atau golongan. Kemudian memiliki tekad kuat mewujudkan cita-cita nasional Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur sesuai Pembukaan UUD 1945,” ujarnya.

“Karakter berikutnya adalah pemimpin yang selalu berfikir, bersikap dan bertindak sebagai negarawan dengan fokus pada aspek maritim,” lanjutnya.
Pada kesempatan ini, Laksamana TNI (Purn) Marsetio juga menyampaikan konsep kepemimpinan militer menurut Jendral Besar Soedirman bahwa orang yang ingin memberi perintah lebih dulu harus diperintah.

“Jendaral Besar Soedirman memberikan contoh sebagai teladan, bahwa seorang pemimpin harus memiliki keberanian dan menanggung resiko,harus memberi tauladan dan harus dekat dengan anak buah dan berjuang bersama dan ditengah mereka,” ujarnya.

Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia

Pada kuliah Achievement Motivation untuk pegawai Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi menjelaskan konsep Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia yang dicanangkan Presiden Jokowi sebagai agenda pembangunan yang difokuskan pada lima pilar utama.

“Lima pilar poros maritim dunia yakni membangun kembali budaya maritim Indonesia, kedua menjaga sumber daya laut dan menciptakan kedaulatan pangan laut dengan menempatkan nelayan pada pilar utama,” ujarnya.

“Kemudian memberi prioritas pada pembangunan infrastruktur dan konektivitas maritim dan keempat menerapkan diplomasi maritim, melalui usulan peningkatan kerja sama di bidang maritim dan upaya menangani sumber konflik, seperti pencurian ikan, pelanggaran kedaulatan, dengan penekanan bahwa laut harus menyatukan berbagai bangsa dan negara dan bukan memisahkan,” ujar Laksamana TNI (Purn) Prof. Dr. Marsetio.

“Dan pilar kelima adalah membangun kekuatan maritim sebagai bentuk tanggung jawab menjaga keselamatan pelayaran dan keamanan maritim,” katanya. Diakhir presentasinya, Laksamana TNI (Purn) Prof. Dr. Marsetio menegaskan, kejayaan Indonesia sebagai negara maritim sangat ditentukan oleh konsep kesatuan seluruh komponen kekuatan nasional dalam mengeksplorasi sumberdaya nasional.

Kepala BPH Migas, M. Fanshurullah Asa di lokasi acara menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Laksamana TNI (Purn) Marsetio yang telah berkenan hadir untuk memberikan motivasi kepada seluruh pejabat dan pegawai BPH Migas.

Achievement Motivation BPH Migas, Pemimpin Harus Berani dan Berjuang Bersama

“Kami harapkan apa yang disampaikan Laksamana TNI (Purn) Marsetio dapat dijadikan motivasi untuk memberikan kinerja terbaik bagi bangsa dan negara sesuai tugas dan fungsi BPH Migas yaitu melakukan pengaturan dan pengawasan agar ketersediaaan dan distribusi BBM dan gas bumi yang ditetapkan Pemerintah dapat terjamin di seluruh wilayah NKRI serta meningkatkan pemanfaatan gas bumi di dalam negeri,” jelas Ifan panggilan akrabnya.

“Kami menyambut baik ide Laksamana TNI (Purn) Prof. Dr. Marsetio untuk menjaga sinergis BPH Migas dengan Universitas Pertahanan dengan program beasiswa S2 dan S3 di bidang Energi untuk pegawai BPH Migas dan juga ide memanfaatkan kapal-kapal tanker milik TNI untuk mengangkut BBM 1 harga dan juga BBM keekonomian (Jenis BBM Umum) di kawasan 3T (Tertinggal, Terluar dan Terdepan),” tambah Ifan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper