Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hipmi Dukung Protes Jokowi ke Uni Eropa Soal Sawit

Sikap Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang memprotes perlakuan Uni Eropa karena melakukan diskriminasi terhadap produk kelapa sawit Indonesia mendapat dukungan sejumlah pengusaha.

Bisnis.com, JAKARTA — Sikap Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang memprotes perlakuan Uni Eropa karena melakukan diskriminasi terhadap produk kelapa sawit Indonesia mendapat dukungan sejumlah pengusaha.

Salah satu dukungan diberikan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI). Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Hipmi Mardani H. Maming mengatakan, protes Jokowi harus didukung karena diskriminasi produk sawit merugikan Indonesia.

“Pada prinsipnya, HIPMI mendukung protes Kepala Negara ini. Diskriminasi soal Sawit memang tidak enak. Industri dan petani kita dirugikan. Harga anjlok,” ujar Maming dalam keterangannya hari ini.

Protes telah disampaikan Jokowi langsung ke delegasi Uni Eropa saat pertemuan digelar di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (28/11) lalu. Dalam protesnya, Jokowi menyebut Indonesia tidak akan tinggal diam menanggapi diskriminasi ini.

Jokowi juga menegaskan negosiasi terkait Indonesia-EU comprehensive economic partnership akan terus berjalan, dan persoalan kelapa sawit tetap menjadi bagian dari negosiasi itu.

Hipmi mengingatkan Uni-Eropa agar melaksanakan cara-cara berdagang yang adil atau fair trade. Menurut organisasi ini, perdagangan harusnya ditentukan oleh daya saing produk dan jasa, bukan semata karena faktor politik dagang internasional.

“Kita tidak ingin ada udang dibalik batu, dalam setiap kebijakan negara-negara uni eropa soal Sawit,” katanya.

Maming mengatakan, perdagangan yang adil semestinya mengandung azas resiprokal atau timbal-balik. Dia juga mengungkit tidak adanya larangan produk UE masuk ke Indonesia selama ini.

Menurutnya, sulit diterima akal jika produk sawit dipersulit untuk masuk ke UE. Maming juga mendukung program memperkuat pasar domestik, agar pasar alternatif siap menyerap produksi sawit untuk diolah menjadi biodiesel.

“Kita dukung penyerapan CPO dari B-20, B-30, hingga B-100. Sekaligus mengurangi ketergantungan kita akan bahan bakar minyak (BBM) impor yang masih sangat tinggi,” tuturnya.

Sebagaimana diketahui Badan Pusat Statistik (BPS) mencatatkan penurunan ekspor minyak kelapa sawit atau crude palm oil (CPO) ke beberapa negara di Eropa.

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan, penurunan nilai ekspor kelapa sawit cukup signifikan di beberapa negara seperti Inggris sebesar 22% dan Belanda mencapai 39%.

Sementara negara lain yang mengalami penurunan nilai ekspor minyak kelapa sawit adalah Jerman, Italia, Spanyol, juga Rusia.

"Ini terjadi karena ada negative campaign CPO dan pemerintah sudah mengantisipasi itu dengan membuat beberapa kebijakan," ujar Suhariyanto di Jakarta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lalu Rahadian
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper