Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Target Optimis Bank Indonesia Tahun 2020

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo optimistis bahwa prospek ekonomi Indonesia 2020 terjaga dengan momentum pertumbuhan yang tetap berlanjut.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 29 November 2019  |  04:08 WIB
Logo Bank Indonesia. - Reuters
Logo Bank Indonesia. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo optimistis bahwa prospek ekonomi Indonesia 2020 terjaga dengan momentum pertumbuhan yang tetap berlanjut.

Dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia di Raffles Hotel Artpreneur Ciputra, Perry memerinci, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2020 diperkirakan meningkat dalam kisaran 5,1 persen-5,5 persen. Adapun untuk inflasi 2020 tetap terkendali sesuai sasaran 3,0+1 persen.

Dia menyatakan, defisit transaksi berjalan pada 2020 diproyeksikan akan berada dalam kisaran 2,5 persen-3 persen dari PDB dimana surplus transaksi modal dan finansial tetap besar sehingga mendukung stabilitas eksternal. Nilai tukar rupiah pada 2020 diprakirakan bergerak stabil.

Sementara itu pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK) pada 2020 perbankan diprakirakan mencapai 8 persen-10 persen, sementara pertumbuhan kredit diprakirakan mencapai 10 persen-12 persen, sejalan turunnya suku bunga dan membaiknya prospek ekonomi.

 “Dalam jangka menengah, prospek ekonomi Indonesia akan semakin baik,” ungkap Perry.

Dia meyakini dengan transformasi ekonomi akan mendorong pertumbuhan lebih tinggi lagi, dengan defisit transaksi berjalan menurun dan inflasi rendah. Sehingga akan membantu mewujudkan cita-cita menuju Indonesia maju berpendapatan tinggi pada 2045.

 Pada kesempatan yang sama Presiden Joko Widodo menyampaikan masih terdapat ruang dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia dengan mendorong peran sektor swasta. Hal ini mengingat APBN hanya memiliki kontribusi 14,5 persen terhadap pertumbuhan ekonomi. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank indonesia
Editor : Andhika Anggoro Wening
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top