Bakal Miliki A330-900neo, Citilink Siap Terbangi Asia hingga Eropa

Citilink Indonesia, maskapai berbiaya murah (low cost carrier/LCC), akan memanfaatkan dua unit Airbus A330-900neo dari Garuda Indonesia Group untuk menerbangi rute-rute penerbangan internasional
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 28 November 2019  |  02:10 WIB
Bakal Miliki A330-900neo, Citilink Siap Terbangi Asia hingga Eropa
Suasana penyambutan Airbus A330-900neo dari Garuda Indonesia Group di Hanggar 2 Garuda Indonesia Maintenance Facility AeroAsia, Rabu (27/11/2019) malam - Rio Sandy Pradana

Bisnis.com, TANGERANG--Citilink Indonesia, maskapai berbiaya murah (low cost carrier/LCC), akan memanfaatkan dua unit Airbus A330-900neo dari Garuda Indonesia Group untuk menerbangi rute-rute penerbangan internasional.

Garuda telah memesan sebanyak 14 unit A330-900neo yang akan diterima secara bertahap hingga 2022. Adapun hingga akhir 2019, maskapai berkode emiten GIAA ini akan menerima sebanyak lima unit.

Perinciannya, tiga unit akan digunakan untuk rute penerbangan Garuda dengan nomor registrasi PK-GHE, PK-GHF, dan PK-GHG. Adapun, dua unit lainnya akan diserahkan kepada Citilink Indonesia.

Direktur Utama Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo menyebut dua unit A330-900neo bakal digunakan untuk rute penerbangan internasional sesuai target ekspansi pada 2020.

"Kami berencana akan terbang ke Jeddah dan negara-negara lainnya di kawasan Asia. Bahkan, Eropa dengan pesawat baru tersebut,” kata Juliandra di Hanggar 2 Garuda Indonesia Maintenance Facility AeroAsia, Rabu (27/11/2019) malam.

Dia menambahkan konfigurasi A330-900neo yang dioperasikan oleh anak usaha Garuda Indonesia Group ini memiliki kapasitas 365 kursi yang terdiri dari 42 kursi kelas ekonomi premium (seat pitch 38 inch) dan 323 kursi kelas ekonomi (seat pitch 30-31 inch).

Citilink diketahui sedang membidik tiga rute internasional baru di tiga benua pada 2020. VP Corporate Secretary Citilink Indonesia Resty Kusandarin mengatakan ekspansi rute internasional mulai gencar dilakukan maskapai sejak awal 2019.

"Kami sedang mengkaji tiga rute baru, yakni Singapura, salah satu kota di Australia, dan Frankfurt di Jerman. Namun, yang paling dekat [diwujudkan] adalah Singapura," kata Resty.

Dia menambahkan saat ini ketiga rute tersebut masih dalam studi pasar dan pendekatan kepada otoritas resmi setempat. Secara paralel, administrasi pembukaan rute baru juga sedang dipersiapkan.

Adapun, Frankfurt menjadi salah satu destinasi yang membutuhkan upaya lebih. Penerbangan ke salah satu kota di Jerman tersebut rencananya ditempuh dari Denpasar, tetapi hingga saat ini masih dalam kajian.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
citilink, garuda indonesia, pesawat baru

Editor : Rustam Agus
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top