Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bom Medan, Angkasa Pura II Perketat Pengamanan di 19 Bandara

Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan seluruh executive general manager di masing-masing bandara sudah diinstruksikan untuk memperketat keamanan.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 13 November 2019  |  13:45 WIB
Kepala KSP Moeldoko memberikan Penghargaan Manajemen Informasi Arus Mudik 2019 kepada President Director AP II Muhammad Awaluddin di Bina Graha, kawasan Sekretariat Negara. - Dok. Angkasa Pura II
Kepala KSP Moeldoko memberikan Penghargaan Manajemen Informasi Arus Mudik 2019 kepada President Director AP II Muhammad Awaluddin di Bina Graha, kawasan Sekretariat Negara. - Dok. Angkasa Pura II

Bisnis.com, JAKARTA - PT Angkasa Pura II (Persero)  memperketat pengamanan di 19 bandara yang dikelolanya seusai terjadi bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan, Sumatra Utara.

Direktur Utama Angkasa Pura (AP) II Muhammad Awaluddin mengatakan seluruh executive general manager di masing-masing bandara sudah diinstruksikan untuk memperketat keamanan.

“Kami upayakan bandara-bandara di bawah pengelolaan kami aman dari aksi teror dan dapat beroperasi dengan normal melayani penumpang pesawat dan juga penerbangan dari seluruh maskapai," katanya dalam siaran pers, Rabu (13/11/2019).

Dia menambahkan akan menggandeng seluruh unsur keamanaan seperti TNI/Polri meningkatkan kewaspadaan, dengan juga meningkatkan koordinasi dengan unsur intelijen. 

Implementasi peningkatan keamanaan adalah dengan melakukan random check terhadap penumpang pesawat atau pengguna jasa bandara beserta barang bawaan.

Random check, lanjutnya, dilakukan di security check point (SCP), yakni area pemeriksaan dengan metal detector, walking metal detector dan x-ray. Di setiap bandara terdapat dua SCP, yaitu SCP 1 pemeriksaan dilakukan sebelum penumpang pesawat memasuki area check-in dan SCP 2 pemeriksaan dilakukan sebelum penumpang pesawat memasuki boarding lounge.

Selain itu, random check juga dilakukan terhadap kendaraan dan orang yang ingin memasuki area bandara dan gedung terminal. Adapun, keamanan juga diperketat di Access Control Point (ACP) yakni titik di mana kendaraan atau pekerja memasuki sisi udara (airside) dari bandara.

Di samping itu Unit K9 saat ini juga sudah dikerahkan untuk memeriksa barang bawaan serta tas/koper yang berada di baggage handling area.

“Saat ini, Komite Keamanan Bandara terus melakukan pemantauan dan berkoordinasi penuh guna menjaga keamanan, keselamatan, dan ketertiban di bandara-bandara AP II,” ujarnya.

Bandara merupakan salah satu objek vital nasional yang memiliki prioritas dalam hal pengamanan. AP II juga memastikan sampai saat ini penerbangan di 19 bandara masih berjalan normal dan lancar.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

angkasa pura ii bom bunuh diri
Editor : Hendra Wibawa
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top