Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jelajahi Potensi Kota-Kota di China, 30 Pengusaha Indonesia Pelajari Ningbo

Sekitar 30 pelaku usaha Indonesia menjelajahi potensi kota-kota di China, salah satunya Ningbo, bersamaan dengan China International Impor Expo (CIIE) 2019 yang berlangsung hingga pekan depan.
Sri Mas Sari
Sri Mas Sari - Bisnis.com 10 November 2019  |  16:11 WIB
Lanskap kota Ningbo - china.org.cn
Lanskap kota Ningbo - china.org.cn

Bisnis.com, JAKARTA -- Sekitar 30 pelaku usaha Indonesia menjelajahi potensi kota-kota di China, salah satunya Ningbo,  bersamaan dengan China International Impor Expo (CIIE) 2019 yang berlangsung hingga pekan depan.

Pemerintah Kota Ningbo mendukung sepenuhnya penyelenggarakan forum Ningbo Indonesia Economy and Trade Forum yang diselenggarakan di Ningbo, Provinsi Zhejiang. 

Acara dihadiri 320 perusahaan asal Indonesia dan China yang bertujuan mengeksplorisasi peluang kerja sama perdagangan, investasi, dan pariwisata antara Ningbo dan Indonesia.

Duta Besar RI untuk China Djauhari Oratmangun mengatakan China merupakan mitra dagang terbesar Indonesia.

Menurut data Badan Pusat Statistik nilai perdagangan Indonesia--China pada sepanjang Januari–Juni 2019  mencapai sebesar US$33 miliar.

"Aktivitas perdagangan kedua negara menyumbang sebesar 20,4 persen dari total keseluruhan nilai impor-ekspor Indonesia," ujarnya dalam siaran pers, Minggu (10/11/2019).

Wakil Wali Kota Ningbo Li Guangding mengatakan pertukaran investasi Ningbo dengan Indonesia berada dalam kondisi baik. Pada akhir September Ningbo telah mendirikan 36 perusahaan di luar negeri, termasuk di Indonesia.

Indonesia juga mengoordinasikan beberapa area investasi, seperti minyak olahan, bubur kertas, aksesoris peranti keras (hardware), bahan industri elektronik, dan broker perdagangan.

Dalam merealisasikan kerja sama dan peluang Indonesia di China, Ditjen Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kementerian Perdagangan, Indonesia Trade Promotion Center (ITPC) Shanghai, Kementerian Pariwisata, dan Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia-Indonesia Comercial Tenant & Retail Association (Happindo) mengoordinasi dan memfasilitasi 32 perusahaan Indonesia untuk turut serta dalam pameran Ningbo 8th International Food Exhibition yang berlangsung 8 hingga 12 November 2019. 

Perusahaan berasal dari berbagai jenis produsen makanan dan minuman asal Indonesia maupun jasa pariwisata kuliner Indonesia.

Djauhari berharap kegiatan-kegiatan penetrasi pasar China dengan merek yang andal dan eksis di Negeri Tirai Bambu semakin bergeliat.

"Kami berharap aktivitas-aktivitas ini akan berkontribusi juga pada peningkatan ekspor Indonesia," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

china perdagangan bilateral
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top